Mohon tunggu...
Amanda Fitria Yustikasari
Amanda Fitria Yustikasari Mohon Tunggu... Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Selanjutnya

Tutup

Politik

Mencintai Produk dalam Negeri Sebagai Manifestasi Nilai Sila Ke-3 Pancasila

30 Oktober 2020   15:14 Diperbarui: 30 Oktober 2020   15:44 153 3 0 Mohon Tunggu...

Penulis:

Dr. Ira Alia Maerani, M.H. (Dosen Fakultas Hukum Unissula Semarang)

Amanda Fitria Yustikasari  (Mahasiswi PBSI FKIP Unissula Semarang)

Mencintai produk dalam negeri merupakan Ideologi nasionalisme yang terdapat dalam nilai sila ke 3 pancasila yaitu persatuan Indonesia. Nasionalisme memiliki arti kecintaan terhadap tanah air yang mendorong kesadaran untuk bersama-sama mecapai tujuan, mempertahankan kemakmuran, dan meningkatkan semangat kebangsaan serta mempertahankan bangsa Indonesia dari serangan penjajahan.

Nasionalisme bagi bangsa Indonesia sendiri merupakan masalah yang fundamental terlebih lagi dengan masuknya budaya asing ke Indonesia. Berbagai upaya dilakukan untuk kembali mengangkat pembangunan nasionalisme dan patriotisme. Salah satu upayanya adalah dengan mencintai produk dalam negeri yang dapat membentuk rasa bangga terhadap tanah air yang harus diwujudkan menjadi prioritas dan kebiasaan hidup masyarakat Indonesia.

Mencintai dan mengonsumsi produk Indonesia akan menjadikan nilai nasionalisme yang tertanam dalam diri yang kemudian akan menjadi nilai karakter bangsa yang memfasilitasi tumbuhnya produksi dalam negeri dan akan mempertahankan ekonomi bangsa Indonesia. Semakin banyak produk yang digunakan semakin banyak pula produk yang dihasilkan yang nantinya akan membutuhkan lebih banyak pekerja dan akan mengurangi jumlah pengangguran.

Terdapat banyak produk lokal Indonesia yang berkualitas serta berhasil menguasai pasar dunia yang dapat menjadi upaya untuk mencintai produk dalam negeri sebagai manifestasi nilai sila ke 3 pancasila yaitu persatuan Indonesia melalui sikap nasionalisme diantara produknya adalah:

1. Batik

Batik buatan Indonesia merupakan kain tradisional warisan nusantara yang telah menguasai pasar dunia, banyak tokoh dunia yang tertarik pada batik karena batik dianggap sebagai pakaian yang istimewa, merakyat dan memiliki kelas yang dapat dipakai oleh siapapun. Bahkan batik bukan hanya sebagai produk fashion saja tetapi bisa dalam bentuk kerajinan dan dekorasi rumah yang menarik. Melestarikan warisan budaya batik Indonesia juga merupakan bentuk sikap nasionalisme terhadap bangsa Indonesia serta dapat meningkatkan pengembangan industri batik secara berkelanjutan.

2. Indomie

Indomie merupakan produk mie instan Indonesia yang diproduksi oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang sampai saat ini sudah berkembang dan di pasarkan lebih dari 80 negara karena kualitas produk indomie yang berkualitas dengan harga yang ekonomis. Indomie dapat dijadikan panutan dan cerminan bagi pasar lokal Indonesia agar berani menembus pasar dunia dan menjadi produk kebanggaan Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN