Mohon tunggu...
Amanda Fitria Yustikasari
Amanda Fitria Yustikasari Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Selanjutnya

Tutup

Politik

Mencintai Produk dalam Negeri Sebagai Manifestasi Nilai Sila ke-3 Pancasila

30 Oktober 2020   15:14 Diperbarui: 8 Januari 2021   15:34 38716
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Oleh:

Ira Alia Maerani dan Amanda Fitria Yustikasari

Mencintai produk dalam negeri merupakan Ideologi nasionalisme yang terdapat dalam nilai sila ke 3 pancasila yaitu persatuan Indonesia. Nasionalisme memiliki arti kecintaan terhadap tanah air yang mendorong kesadaran untuk bersama-sama mecapai tujuan, mempertahankan kemakmuran, dan meningkatkan semangat kebangsaan serta mempertahankan bangsa Indonesia dari serangan penjajahan.

Nasionalisme bagi bangsa Indonesia sendiri merupakan masalah yang fundamental terlebih lagi dengan masuknya budaya asing ke Indonesia. Berbagai upaya dilakukan untuk kembali mengangkat pembangunan nasionalisme dan patriotisme. Salah satu upayanya adalah dengan mencintai produk dalam negeri yang dapat membentuk rasa bangga terhadap tanah air yang harus diwujudkan menjadi prioritas dan kebiasaan hidup masyarakat Indonesia.

Mencintai dan mengonsumsi produk Indonesia akan menjadikan nilai nasionalisme yang tertanam dalam diri yang kemudian akan menjadi nilai karakter bangsa yang memfasilitasi tumbuhnya produksi dalam negeri dan akan mempertahankan ekonomi bangsa Indonesia. Semakin banyak produk yang digunakan semakin banyak pula produk yang dihasilkan yang nantinya akan membutuhkan lebih banyak pekerja dan akan mengurangi jumlah pengangguran.

Terdapat banyak produk lokal Indonesia yang berkualitas serta berhasil menguasai pasar dunia yang dapat menjadi upaya untuk mencintai produk dalam negeri sebagai manifestasi nilai sila ke 3 pancasila yaitu persatuan Indonesia melalui sikap nasionalisme diantara produknya adalah:

1. Batik

Batik buatan Indonesia merupakan kain tradisional warisan nusantara yang telah menguasai pasar dunia, banyak tokoh dunia yang tertarik pada batik karena batik dianggap sebagai pakaian yang istimewa, merakyat dan memiliki kelas yang dapat dipakai oleh siapapun. Bahkan batik bukan hanya sebagai produk fashion saja tetapi bisa dalam bentuk kerajinan dan dekorasi rumah yang menarik. Melestarikan warisan budaya batik Indonesia juga merupakan bentuk sikap nasionalisme terhadap bangsa Indonesia serta dapat meningkatkan pengembangan industri batik secara berkelanjutan.

2. Indomie

Indomie merupakan produk mie instan Indonesia yang diproduksi oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk yang sampai saat ini sudah berkembang dan di pasarkan lebih dari 80 negara karena kualitas produk indomie yang berkualitas dengan harga yang ekonomis. Indomie dapat dijadikan panutan dan cerminan bagi pasar lokal Indonesia agar berani menembus pasar dunia dan menjadi produk kebanggaan Indonesia.

3. Maspion

“Cintailah Produk-Produk Indonesia” itulah slogan dari produk maspion yang mengharuskan kita untuk mencintai dan menggunakan produk dalam negeri sebagai wujud rasa nasionalisme terhadap tanah air.  Maspion berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan berhasil mengekspor produknya ke mancanegara dan terus berkembang pesat karena maspion memiliki produk yang memiliki kualitas tinggi yang dapat diterima oleh masyarakat lokal maupun negara lain.

4. Eiger

Eiger merupakan perusahaan penghasil produk perlengkapan petualang yang memiliki nilai lebih dan kualitas yang tinggi yang sudah menguasai pasar dunia. Dengan peminatan dunia travelling yang meningkat, eiger memberikan kenyamanan, perlindungan, kekuatan yang sesuai dengan alam dan kebutuhan konsumen yang menjadikan konsumen dalam negeri maupun luar negeri bangga menggunakan produk eiger buatan Indonesia.

5. J.CO Donuts and Coffee

J.CO Donuts and Coffee merupakan tempat makan dengan produk utamanya adalah donat dan kopi yang berasal dari Indonesia. J.CO Donuts and Coffee banyak ditemukan di berbagai negara seperti Singapura, Filipina, Tiongkok, Malaysia dll. J.CO Donuts and Coffee dapat menjadi solusi bagi yang menyukai kuliner dengan tetap mencintai dan mengonsumsi produk Indonesia.

Berbagai dampak positif dapat diambil dari mencintai produk dalam negeri, seperti: meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap tanah air, meningkatkan kesejahteraan rakyat, meningkatkan kualitas produk, memperluas lapangan pekerjaan, dan dapat meningkatkan pendapatan negara. Sebagai anak bangsa Indonesia harus mampu mencintai produk dalam negeri agar tidak selamanya dijajah oleh negara lain. Karena pada kenyataannya Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan sumber daya alamnya sehingga menghasilkan produk lokal yang berkualitas yang seharusnya digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Penulis:

Dr. Ira Alia Maerani, S.H., M.H. (Dosen Fakultas Hukum UNISSULA Semarang)

Amanda Fitria Yustikasari (Mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNISSULA Semarang)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun