Mohon tunggu...
Dina Amalia
Dina Amalia Mohon Tunggu... Freelancer - Freelance Writer

Life's a test, yes, but you go toe-to-toe. You don't give up, no, you grow.

Selanjutnya

Tutup

Digital

Chatbot Widya Wicara, Terobosan Teknologi Karya Anak Bangsa

2 Agustus 2021   01:55 Diperbarui: 3 Agustus 2021   10:30 61 1 0 Mohon Tunggu...

Tahun 2021 barangkali bukan merupakan tahun yang menguntungkan untuk beberapa bisnis dan usaha. Namun, nyatanya hal tersebut tidak berlaku pada PT Widya Informasi Nusantara (Widya Wicara) yang di tengah pandemi ini justru sukses mengeluarkan terobosan produk teknologi baru, yakni Chatbot Widya Wicara.

Widya Wicara sendiri merupakan perusahaan teknologi yang berfokus pada pengembangan teknologi bahasa dan suara berbasis kecanggihan Artificial Intelligence (AI). 

Sebelumnya, Widya Wicara telah memperkenalkan produk smart speakernya, yakni Smart Speaker Widya Wicara Prima yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Tahun ini, Widya Wicara hadir kembali dengan inovasi karya anak bangsa, chatbot yang dapat membantu pengembangan bisnis melalui layanan pelanggan (customer service)

Chatbot Widya Wicara?

Chatbot Widya Wicara merupakan produk Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan berbasis Natural Language Processing (NLP). Oleh karena itu, ia bisa memahami konteks percakapan dan kemudian memberikan jawaban yang diinginkan. Chatbot Widya Wicara dilengkapi dengan teknologi intent recognition yang membuatnya dapat memahami konteks percakapan lebih baik, akurasi jawaban lebih akurat, dan menghasilkan percakapan lebih natural seperti berbicara dengan manusia. 

Pada dasarnya, pengembangan Chatbot Widya Wicara dilakukan untuk menambah product skill serta menunjang kebutuhan produk-produk teknologi terkini, seperti smart speaker. Selain itu, prospek teknologi chatbot di Indonesia memang cukup cerah. Kebutuhan chatbot di pasar untuk memaksimalkan efisiensi customer service dan customer satisfaction terus meningkat. 

Kenapa Chatbot Widya Wicara?

Dengan bantuan Chatbot Widya Wicara, perusahaan atau pelaku bisnis mampu memberikan solusi kepada pelanggan dengan bantuan penjawab otomatis chatbot ini. Chatbot juga disebut dapat mendongkrak kepuasan pelanggan hingga 64%, sehingga mendorong peningkatan kualitas bisnis.

Beberapa keuntungan dari penggunaan Chatbot Widya Wicara untuk bisnis, yaitu:

  • Chatbot mampu menerima, memproses dan merespon pesan pelanggan dalam waktu singkat
  • Chatbot bisa selalu aktif melayani pelanggan selama 24 jam sehari
  • Komunikasi yang terjadi dengan chatbot cenderung mudah dan praktis
  • Mampu menjawab pertanyaan repetitif dalam jumlah banyak dan menjawab pertanyaan yang berisi informasi sama
  • Memungkinkan semua pelanggan menerima respon secara otomatis
  • Chatbot bisa diakses kapan pun dan di mana pun
  • Biaya terjangkau dan bisa menekan biaya customer support
  • Mampu mengirim pesan secara masif secara bersamaan
  • Dapat dikoneksikan dalam website resmi dan berbagai platform pesan instan seperti WhatsApp, LINE, dan Telegram untuk menjangkau pelanggan lebih cepat dan luas
  • Penggunaan chatbot dapat mendukung customer service dalam berbagai industri, seperti keuangan, perbankan, asuransi, edukasi, human resource, kesehatan dan kecantikan, serta berbagai bisnis lainnya

Sudah memutuskan untuk menggunakan chatbot customer service? Kamu bisa mengetahui dan mencoba chatbot yang dikembangkan Widya Wicara melalui Website Widya Wicara atau dapatkan update terbaru mengenai Chatbot Widya Wicara dengan follow akun instagram @wicara.ai.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x