Mohon tunggu...
Alya yuniza
Alya yuniza Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknologi Pangan Universitas Al Azhar Indonesia

Mahasiswa Teknologi Pangan Universitas Al Azhar Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Praktik Kerja Lapang Sebagai Quality Assurance di PT Daesang Ingredients Indonesia

1 November 2023   13:50 Diperbarui: 1 November 2023   14:05 464
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi

Halo, nama saya Alya Yuniza yang merupakan Mahasiswi Teknologi Pangan Universitas Al-Azhar Indonesia. Pada artikel ini, saya ingin berbagi cerita pengalaman PKL saya di PT. Daesang Ingredients Indonesia.

Praktik Kerja Lapang atau PKL merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh Mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja langsung di lapangan. Pada bulan Agustus lalu, saya diberikan kesempatan untuk melakukan PKL di PT. Daesang Ingredients Indonesia yang berlokasi di Driyorejo, Jawa Timur. Keputusan untuk melakukan PKL di PT. Daesang Ingredients Indonesia merupakan keputusan yang besar, karena lokasinya yang jauh dari domisi saya, dimana domisi saya berasal adalah Tangerang Selatan. Selain itu, saya tidak memiliki keluarga maupun kerabat di Driyorejo, sehingga mengharuskan saya untuk tinggal di kost dan hidup mandiri. Namun saya melakukan kegiatan PKL di PT. Daesang Ingredients Indonesia bersama teman sekelas saya yang bernama Azzahra, sehingga hampir seluruh kegiatan yang dilakukan di Driyorejo dilakukan berdua.

PT. Daesang Ingredients Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pangan dengan produk yang di produksi berupa Monosodium Glutamat atau MSG. PT. Daesang Ingredients Indonesia berlokasi di Driyorejo, Gresik, Jawa Timur. Brand yang di produksi antara lain MI-WON, Bio Miwon, Miwon Plus, serta Indorasa yang di distribusikan ke seluruh Indonesia dan juga ekspor ke berbagai negara.

Hari pertama magang yaitu pada tanggal 7 Agustus 2023, merupakan hari yang sangat ditunggu-tunggu karena besarnya rasa penasaran saya terhadap dunia kerja di perusahaan besar. Hari pertama di mulai dengan sambutan oleh bapak HRD, lalu dilanjutkan paparan profile company dari PT. Daesang Ingredients Indonesia serta keliling perusahaan. Posisi PKL saya adalah sebagai Quality Assurance dan pada hari pertama ini saya hanya melakukan observasi dan pengenalan di laboratorium. Quality assurance di PT. Daesang Ingredients Indonesia memiliki tugas untuk menganalisis berbagai macam sampel, mulai dari bahan-bahan yang akan dibeli dan dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan MSG, cairan bahan yang diambil di tengah jalannya produksi untuk melihat kesesuaian produksi, serta produk jadi yang akan di distribusikan ke konsumen. 

Saat pelaksanaan PKL, selain bekerja dalam menganalisis berbagai sampel di laboratorium, saya juga berkesempatan untuk melihat alur produksi MSG di PT. Daesang Ingredients Indonesia. Alur produksi pembuatan MSG meliputi fermentasi, recovery, refinery, dan packing. Plant fermentasi merupakan plant yang berisi proses pemurnian bahan baku yang akan digunakan, penyesuaian suhu juga pH, serta proses fermentasi menggunakan bakteri, dimana hasil dari fermentasi akan di kirim ke plant recovery. Plant recovery merupakan plant yang berisi proses pemekatan cairan hasil fermentasi menggunakan evaporator serta pembentukan cairan kristal. Plant refinery adalah plant yang berisi proses filtrasi cairan kristal, kristalisasi, pengeringan kristal, hingga pengayakan kristal MSG. Plant terakhir yaitu plant packing yang berisi pengayakan lanjutan dari plant refinery, serta packing dengan kemasan yang disesuaikan dengan konsumen tujuan.

Saya berkesempatan untuk melihat langsung seluruh proses produksi di plant, mendapatkan penjelasan dari staff yang bekerja, hingga mengajukan pertanyaan kepada staff. Sayangnya pada saat saya PKL, saya belum melihat langsung proses fermentasi karena plant fermentasi merupakan plant yang sibuk sehingga tidak dapat menemani mahasiswa PKL yang ingin mengobservasi. Meskipun tidak dapat mengobservasi plant fermentasi secara langsung, saya tetap mendapat kesempatan untuk mengunjungi plant fermentasi, mendapatkan penjelasan tentang fermentasi MSG, serta mengajukan pertanyaan.

Tidak terasa, magang selama 1 bulan di PT. Daesang Ingredients Indonesia sudah berakhir. Banyak sekali materi pembelajaran, pengalaman, serta kenalan yang didapatkan dari PKL ini. Setelah magang selama 1 bulan, saya melihat bahwa PT. Daesang Ingredients Indonesia merupakan perusahaan yang bagus untuk bekerja karena sistem kerja shift yang teratur, jam istirahat yang mencukupi, dan lingkungan kerja yang sangat kekeluargaan. Sayangnya saya harus kembali ke Jakarta untuk melanjutkan kuliah, karena akan memasuki semester 7. Terima kasih PT. Daesang Ingredients Indonesia yang telah memberikan saya kesempatan untuk dapat melakukan PKL di sini, semoga saya bisa kembali berkunjung ke PT. Daesang Ingredients Indonesia dan bahkan bisa kerja disana serta bisa bertemu kembali dengan para staff dan teman-teman magang.

Tahapan selanjutnya yang akan saya lakukan dari PKL ini adalah sidang PKL yang akan dilakukan di semester 7.  Artikel ini merupakan salah satu syarat untuk melakukan sidang PKL. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya. Terima kasih telah membaca artikel ini, mohon doanya untuk kelancaran saya di sidang PKL dan sidang-sidang selanjutnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun