Mohon tunggu...
Alya Prakarti
Alya Prakarti Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswi

--

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran Work Team dalam Performance Management

27 Mei 2021   23:23 Diperbarui: 27 Mei 2021   23:27 92 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Peran Work Team dalam Performance Management
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manajemen kinerja adalah serangkaian proses yang berfokus pada diskusi dua arah dan memperhatikan feedback, jujur, dan juga mendukung dalam memenuhi pencapaian tujuan perusahaan.

Manajemen kinerja yang efektif bergantung pada beberapa proses yang melibatkan planning, menentukan dan meninjau tujuan perusahaan, menghubungkan cara mencapai tujuan perusahaan dengan rencana bisnis yang sudah ditetapkan, dan menetapkan kemungkinan keberhasilan pencapaian tujuan. Hal ini sering dibahas sebagai topic yang kita kenal dengan penilaian kinerja baik karyawan maupun perusahaan.

Dalam manajemen kinerja, tidak hanya melibatkan kinerja seorang individu terhadap perusahaannya, tetapi juga melibatkan work team yang juga menjadi factor utama dalam mensukseskan pencapaian tujuan perusahaan.

Manajemen kinerja tim melibatkan beberapa aktivitas yang berulang dan berkelanjutan yang berfokus dalam menetapkan tujuan tim serta perusahaan, memantau perkembangan dalam mencapai tujuan, dan membuat penyesuaian untuk mencapai tujuan tersebut secara efektif dan efisien. Tujuan keseluruhan dari manajemen kinerja tim adalah untuk memastikan bahwa tim dan anggotanya yang ada di dalamnya bekerja sama secara optimal untuk dapat mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Perusahaan perlu membuat pendekatan yang seimbang dimana mereka harus melakukan perencanaan, pengelolaan dan meninjau perkembangan karyawan individu dan kontribusinya dalam work team, dan perusahaan pun harus merencanakan, mengelola dan meninjau kinerja tim sebagai satu unit.

Proses kinerja dalam tim melibatkan beberapa hal, seperti:

  • Saling membagikan informasi/topic mengenai bisnis terkait
  • Memberi dan menerima feedback dari dan untuk satu sama lain
  • Menyalurkan ide dan pandangan pribadi dengan tujuan untuk dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas dalam kinerja
  • Yang terakhir, melakukan evaluasi kinerja tim dan memberikan masukan tentang kemungkinan perubahan yang nantinya akan merdampak pada kinerja mereka

Untuk kita dapat menentukan atau mengukur apakah sebuah tim sudah bekerja dengan efektif atau tidak, dapat kita lihat melalui pemahaman bersama mengenai apa saja yang membuat tim dapat bekerja dengan efektif. Dapat kita lihat dari beberapa aspek, yaitu:

  • Apakah sebuah tim memiliki kombinasi tujuan dan sasaran yang jelas
  • Apakah sebuah tim memiliki bakat dan keterampilan yang sesuai dengan pekerjaan yang dilakukannya
  • Apakah sebuah tim memiliki etika kerja dan motivasi yang baik
  • Apakah sebuah tim mampu untuk menyelesaikan konflik yang terjadi
  • Apakah sebuah tim sudah menerapkan komunikasi yang efektif atau tidak selama proses kinerja

Sebuah manajemen kinerja yang efektif sudah pasti bahwa mereka juga memastikan bahwa kinerja tim sudah selaras dan memiliki pandangan yang sama dengan perusahaan untuk dapat mencapai tujuan bersama. Dengan begini, manajemen kinerja dapat  menjadi sebuat tools yang berguna untuk memperjelas tujuan tim dan perusahaan karena prosesnya menghasilkan tolak ukur untuk efektivitas kinerja semua pihak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan