Mohon tunggu...
ALWI DWI MUKTI WIBOWO
ALWI DWI MUKTI WIBOWO Mohon Tunggu... Perencanan Wilayah Kota - Universitas Jember

Berisi tentang artikel opini

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Perumusan Strategi Perencanaan dalam Pengembangan Industri Pengolahan Carica di Kabupaten Wonosobo-Critical Review

21 Juni 2020   18:19 Diperbarui: 21 Juni 2020   18:13 17 1 0 Mohon Tunggu...

Perumusan Strategi Perencanaan Pengembangan Industri Pengelolaan Buah Carica di Wonosobo -- Critical Review

Sebagai negara agraris, Indonesia memiliki potensi yang besar di sektor pertanian. Sektor Pertanian merupakan salah satu sektor utama yang menopang kegiatan perekonomian masyarakat di Indonesia, hal ini dikarenakan rata rata masyarakatnya bekerja di sektor pertanian. 

Semakin berkembangnya zaman sektor pertanian mengalami banyak perubahan, masuknya teknologi juga mempengaruhi pengembangan dalam sektor pertanian. Pada era modern pengembangan kegiatan pertanian sudah mengarah pada pengembangan pertanian Industrial

Pertanian Industrial merupakan pengolahan hasil pertanian menjadi produk olahan baik produk antara (intermediate product) maupun produk akhir (finish product). Pertanian Industrial di Indonesia mampu meningkatkan harga jual dari hasil pertanian. 

Menurut Mashuri (2006) pertanian Industrial merupakan salah satu contoh kegiatan industri pengolahan hasil pertanian yang memiliki peran dan kontribusi yang besar dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. Industrial pertanian merupakan perpaduan antara sektor pertanian dan sektor industri. Kedua sektor tersebut merupakan sektor utama dalam perekonomian Indonesia. Pada tahun 2016 sektor pertanian dan sektor industri pengolahan menyumbang 34,21% PDB Indonesia. (Sumber : BPS dalam angka tahun 2017)

Industri pengolahan merupakan kegiatan mengolah, menciptakan dan menambah fungsi serta kegunaan dari suatu barang. Industri pengolahan dilakukan dengan mengkombinasikan input untuk menghasilkan output (yang bernilai). Industri pengolahan pada khususnya pada sektor pertanian sangat berperan penting dalam perekonomian Indonesia. 

Industri pengolahan pertanian mampu menciptakan peluang kerja untuk masyarakat di Indonesia. Salah satu industri pengolahan pertanian di Indonesia adalah Industri pengolahan carica di Wonosobo. Carica merupakan buah yang berasa dari Amerika selatan, buah ini kesamaan dengan buah pepaya. Buah carica banyak disebut sebagai pepaya dieng oleh masyarakat di Jawa tengeh. Buah carica banyak tumbuh di dataran tinggi Dieng.

Industri pengolahan carica diproduksi oleh UKM Gemilang yang berlokasi di Desa Siyono, Bojosari Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Industri pengolahan carica didirikan oleh Bapak Alfha Gemilang pada tanggal 22 Desember 2013. Produk dari industri pengolahan ini adalah manisan carica. Bahan baku manisan carica didapatkan dari para petani di 5 desa dengan ketinggian 1500 mdpl. 

Setiap harinya produksi carica yang dilakukan oleh UKM Gemilang sebesar 1,5 ton carica yang dapat menghasilkan kurang lebih 165.000 cup. UKM Gemilang memiliki tenaga kerja sebanyak 25 orang. Manisa carica yang diproduksi oleh UKM Gemilang sudah mendapatkan sertifikat halal oleh MUI, sertifikat P.IRT serta GSI Barcode.

Proses pengolahan buah carica menjadi manisan carica memperlukan beberapa tahapan, untuk menghasilkan produk manisan carica yang baik diperlukan tahapan produksi yang bersih dan sesuai SOP. Adapun tahapan pengolahan buah carica menjadi manisan carica sebagai berikut :

  • Panen Buah
  • Sortasi Buah
  • Pengupasan buah carica
  • Pemisahan daging dengan biji
  • Penncucian daging
  • Pemotongan daging carica
  • Pembuatn sirup
  • Perebusan daging carica
  • Penakaran manisan carica sesuai dengan bobot
  • Pengepresan wadah carica
  • Pasateurisasi
  • Hot Shocking
  • Inkubasi
  • Pengemasan

(Sumber : Strategi Pengembangan Usaha Industri Kecil Olahan carica UKM gemilang di Kabupaten Wonosobo)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN