Mohon tunggu...
Nur Cahyo
Nur Cahyo Mohon Tunggu... HRD Koplak

Curhat HRD Koplak

Selanjutnya

Tutup

Karir

Curhat HRD Koplak - 9 Gaya Makan Siang Karyawan

13 Oktober 2019   17:00 Diperbarui: 13 Oktober 2019   17:10 0 0 0 Mohon Tunggu...

Jam 12:00,Saatnya makan siang buat karyawan.  

1 Jam bisalepas sesaat dari rutinitas kerja yang bikin mumet.  1 jam bias ketawaketiwi bareng teman kantor saat makan, bisa ngegosip, bisa nge-prospek temenbuat ikutan MLM. Makan siang nggak hanya sekedar makan tapi juga ada maknasosialisasi disitu. Saatnya gaul sama teman kantor yang beda lantai atausekedar memberi kesempatan kaki untuk berjalan dan kulit lepas dari udara AC.  

Coba lihatsituasi perkantoran di jl Sudirman atau Thamrin Jakarta jam 12 siang, pastirame di semua tempat, ya Mall sekitar atau gang-gang di belakang kantor, ramebanget. Tapi percaya atau tidak, gaya makan siang kamu mencerminkan karir kamujuga dan posisi pekerjaan yang pas buat kamu. 

Kok bisa tau ?

Lha kan sayaHRD, kerjaannya emang KEPO-in karyawan.  

Coba gayamakan siang kamu termasuk yang mana ? 

1. Bawa bekalmakanan dari rumah buat dimakan di meja  

Dibawain bekalyang dimasakin spesial sama istri atau masak sendiri dirumah, alasannya biarhemat atau sayang istri. Gitu terus aja sepanjang hidupnya sampai pensiun.Kurang gerak badan, nggak masalah, yang penting harus makan masakan istri atauibu tercinta, plus bonus pengeluaran jadi hemat.  

Analisa HRD Koplak

Tipe Karyawan inibiasanya sangat loyal sama perusahaan. Sama istri aja loyal harus menghabiskanmakanan yang dibawanya. Coba cek kalo kamu punya temen kayak gini, pasti merekaakan sangaaaaat berat ketika diajak makan di luar. Kalaupun ikut makan, sorenyamereka pasti tetap makan bekal dari rumah itu. 

Posisi kerjayang cocok buat karyawan ini tempatkan mereka di bagian Accounting atau Financeatau bagian apapun yang ngurusin duit perusahaan, percayalah mereka akan suksesdi situ. Mereka akan bisa ngamuk-ngamuk kalau ada pengeluaran yang boros atauada yang nilep duit perusahaan. Jelas, karena mereka juga loyal banget samakeluarga. Biasanya tipe karyawan kayak gini kurang suka perjalanan dinas.  

2. PesenCatering dan makan di ruangan kantor  

Hidup karyawantipe ini teratur dan nrimo banget. Menu apa aja yang disiapin Catering pastidilahapnya. Apa aja deh yang penting hidup gue teratur dan gak pusing mikirinmau makan apa nanti siang. 

Analisa HRD Koplak : 

Tipe karyawanini cocoknya kerja di bagian yang nggak membutuhkan kreativitas sama sekali,misalkan administrasi atau data input. Lempeeeeng aja kerjaannya dan mereka bisamengabdi bertahun-tahun dengan gaya makan siang yang sama. 

3. Pergi kewarung Padang atau Warteg di gang-gang belakang kantor yang panas dan bau 

Mau mataharimenyengat, mau harus jalan 1 km, buat tipe karyawan ini yang pentingsemangatnya makan siang harus di luar kantor. 

"Biar badangerak sama kena matahari, nggak enak kena AC mulu."

"Eh nyobainWarung Soto yang di ujung yuk. Baru buka lho, yang jualan anaknya cakep."  

Analisa HRDKoplak : 

Karyawan tipe inikaryawan pejuang Tangguh, adventorir, mau berkorban buat perusahaan. Tempatkankaryawan ini di bagian Marketing, Surveyor atau collection, pokoknya yangbanyak dinas luarnya. Dijamin mereka nggak akan ngeluh soal kecilnya uang dinasatau susahnya nyari alamat nasabah yang macet, karena buat mereka yang pentingkerja itu keluar kantor, nggak duduk mulu di ruang AC. 

Namanya makandi luar kantor dan di gang belakang biasanya kembali ke kantor lebih dari jam1, nah tipe karyawan ini biasanya Risk Taker, cocok banget memang buatmarketing atau collection yang kerjanya harus dobrak konsumen atau harus nabrakaturan dikit yang penting target tercapai. 

4. Makan diMall / Resto / Pokoknya adem harus ada AC-nya 

Tipe karyawanini versi yang sama dengan karyawan yang makan di warteg, tapi sedikit lebihberkelas. 

"Pokoknya gueharus keluar kantor tapi gue gak mau baju gue basah keringet dan make up gueluntur. Mana nih mall terdekat? Naik taxi juga gak papa." 

"Eh ada restobaru buka di deket kantor. Gue punya voucher diskonannya lho" 

Kompetensi karyawanini nggak diragukan, mereka tahu semua tempat makan yang ada diskonan atau makananmahal dengan harga miring. 

Analisa HRDKoplak : 

Tempatkankaryawan ini jadi sekertaris direksi. Jadi nggak pusing kalau perusahaan maumenjamu tamu, klien atau nyari tempat meeting. Dijamin beres, memuaskan dandengan harga yang muraaaah. Dhasyat. 

5. Makan dikantin kantor aja

"Makan di kantinaja deh. Males jauh-jauh." 

Karyawan-karyawantipe ini biasanya nggak dibawain kotak bekal sama istrinya, jadi istrinyasedikit cuek lah sama mereka. Jalan jauh juga males, jadilah kantin tempatpersinggahan yang pas. 

"Makan dikantin aja deh, biar nggak telat balik kantornya" Gitu biasanya alasan karyawantipe ini. 

Analisa HRD Koplak: 

Tipe karyawanini cocoknya masuk bagian HRD yang memang harus gaul dengan karyawan tapi jugatetap harus patuh sama aturan perusahaan. 

6. Sok Diet cuma makan cereal  atau buah 

Karyawan tipeini idealis, dia tetap bertahan dengan Tupperware isi buah potong plus botolminum isi infus water isi potongan jeruk. Karyawan ini pastinya tetap bergabungdan ha ha hi hi dengan karyawan lain. Tapi kalo yang lain makan nasi padangatau cateringan, dia tetap setia dengan buah potong atau cerealnya. 

"Target guemasih kurang dua kilo lagi nih turun berat badan." 

"Emang kamunggak lapar makan buah doang ?" Pertanyaan standard yang biasanya diajukan temannya.

"Laper dikit,tapi gimana ya demi perut langsing dan berat ideal. Eh kamu tau nggak kalau dalambuah wortel cemilan gue itu terkandung vitamin A yang bla la bla la "  

Analisa HRDKoplak : 

Dhasyat,karyawan tipe ini siap dengan kondisi perusahaan seminim apapun. Dia sangatmendukung penghematan di perusahaan. Cocoknya ditempatkan di bagian Keselamatandan Kesehatan Kerja (K3). Dia sudah sadar hidup sehat dan pasti hobinyanyeramahin orang tentang perlunya hidup sehat. Ya taruh aja tipe karyawan kayakgini di K3. Dijamin sehat semua satu kantor.    

7. Makan dimanaaja asal bisa gosipin teman kantor 

Biasanyakaryawan kayak gini punya komunitas nih. Mau makan di kantin atau di resto oke,asalkan ada tenpat buat mojok dan ngegosip tanpa terlalu kedengeran orang.Apapun makanannya asalkan bisa omongin karyawan lain mereka udah cukup kenyang.Lebih kenyang lagi kalau mereka pulang makan siang dengan membawa Hot gossip,apalagi hot gossip yang level boss.  

Analisa HRDKoplak : 

Tipe karyawanini cucok buat ditaruh di Riset & Development atau Public Relation. Suruhaja dia ngintip kegiatan competitor atau suruh dia survey di pasar, pastiseneng banget. Misalkan perusahaan pengen sosialisasi sesuatu himbauan,titipkan aja sama karyawan tipe ini. Dijamin langsung nyebar satu kantor dalamwaktu cepat, ngalahin social media. 

8. Yangmana aja, asal dibayarin Bos atau teman  

Nah ini barutipe karyawan oportunis. Mantaps nih. Karyawan tipe ini tahu mana boss atau temanyang loyal yang suka bayarin makan siang. Ciri-cirinya dia juga tahu daftarhari ulang tahun teman sekantor. Tujuannya simple, minta traktiran. 

Analisa HRDKoplak : 

Tipe karyawanini jelas cocoknya di bagian Investor Relation. Dia akan sangat bagus kerjanya,karena memang sudah terbiasa punya insting mana orang yang punya duit dan manayang bokek. Dia akan cepat tahu calon investor mana yang gampang ngasih duitdan mana yang pelit. 

9. Dimanaaja yang penting bisa molor abis makan siang 

Mau makan dikantin, di warung, di mall atau di meja, tipe karyawan ini yang penting bisamenyelesaikan makannya secepat mungkin. Tujuannya apa  ? Biar bisa molor sampe jam satu siang.Sasarannya kalau nggak di Mushola, kalua rame ya cari ruang meeting yang penuhtumpukan bangku, molor deh disana. 

Zzzzzz.....zzzzz.....zzzgroook......zzzzz

Analisa : 

Ini baru tipekaryawan yang dicari perusahaan. Nggak rewel, nggak banyak maunya, yang pentingkebutuhan dasar mereka tercapai, yaitu molor. Cocoknya kerja di bagian yangmonoton, kayak Administrasi Data dan lainnya. Perusahaan nggak perlumengharapkan inovasi yang brilian dari mereka, cukupi aja kebutuhan dasarnya. Merekaakan bekerja di perusahaan anda bertahun tahun sampai pension. Kenaikan gaji inflasiaja nggak papa, nggak promosi malah bagus, tunjangan nggak naik nggak papa.....Asalkan bisa molor saat makan siang.  

Kamu tipe yangmana ? 

KONTEN MENARIK LAINNYA
x