Mohon tunggu...
Alwan Farhan
Alwan Farhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo! Saya Alwan Farhan, seorang penulis lepas dan freelance dengan minat besar terhadap budaya dan perkembangan sosial.menempuh kuliah Pendidikan Luar Biasa dari Universitas Negeri Surabaya, saya belum memiliki pengalaman menulis dan kali ini baru belajar le. Di Kompasiana, saya berbagi pemikiran dan perspektif saya tentang berbagai topik, termasuk pendidikan luar biasa, budaya, teknologi, dan isu-isu sosial terkini. Saya percaya bahwa menulis adalah salah satu cara terbaik untuk menghubungkan dan berinteraksi dengan orang lain, serta untuk berbagi pengetahuan dan wawasan. Melalui artikel-artikel saya, saya berharap dapat memberikan informasi yang bermanfaat, menginspirasi, dan memicu diskusi yang konstruktif di antara para pembaca. Selain menulis, saya juga menikmati membaca buku, menjelajahi tempat-tempat baru, dan berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan budaya. Saya terbuka untuk kolaborasi dan diskusi, jadi jangan ragu untuk menghubungi saya jika Anda memiliki pertanyaan atau ide yang ingin dibagikan. Terima kasih telah mengunjungi profil saya di Kompasiana. Selamat membaca dan semoga Anda menemukan artikel-artikel saya menarik dan informatif!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Strategi Efektif Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Autis

17 Mei 2024   00:53 Diperbarui: 17 Mei 2024   00:55 59
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

 

Abstract

     Good communication skills are the bridge for autistic children to connect with the world around them. Without this ability, their social, emotional and academic development can be hampered. The good news is that there are a variety of effective strategies that can be implemented to help autistic children develop.

     These include therapeutic, educational and family intervention approaches. Therapists can help autistic children learn to understand and use language, and improve the motor skills needed to communicate. While at school, special education programs, assistive technology and play-based learning methods will facilitate fun and effective communication learning.

Keywords: strategies, communication, autistic children

Abstrak


     Kemampuan berkomunikasi yang baik menjadi jembatan bagi anak autis untuk terhubung dengan dunia sekitarnya. Tanpa kemampuan ini, perkembangan sosial, emosional, dan akademik mereka bisa terhambat. Kabar baiknya, ada beragam strategi efektif yang bisa diterapkan untuk membantu anak autis berkembang.

     Strategi tersebut mencakup pendekatan terapi, edukasi, dan intervensi keluarga. Terapis dapat membantu anak autis belajar memahami dan menggunakan bahasa, serta meningkatkan keterampilan motorik yang diperlukan untuk berkomunikasi. Sementara di sekolah, program pendidikan khusus, teknologi bantu, dan metode pembelajaran berbasis bermain akan memfasilitasi pembelajaran komunikasi yang menyenangkan dan efektif.

Kata kunci: Strategi, komunikasi, anak autis

PENDAHULUAN

     Kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia, termasuk bagi anak-anak autis." (Greenspan & Shanker, 2004). Kurangnya kemampuan komunikasi dapat menghambat perkembangan sosial, emosional, dan akademik mereka. Hal ini dapat membuat anak autis kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain, memahami dan mengekspresikan perasaan mereka, serta belajar di sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun