Mohon tunggu...
M Alvin Noor Reza
M Alvin Noor Reza Mohon Tunggu... Mahasiswa

newbie dalam membuat artikel

Selanjutnya

Tutup

Karir

Tukang Parkir Anti-Mainstream

15 Desember 2019   19:36 Diperbarui: 15 Desember 2019   19:57 14 0 0 Mohon Tunggu...

TUKANG PARKIR TIDAK BIASA

Ketika mendengar sebuah profesi tukang parkir pasti kebanyakan dibenak orang banyak adalah profesi yang biasanya mengatur atau menjaga kendaraan di depan pusat perbelanjaan atau sebuah restaurat dll. Profesi ini biasanya hanya memiliki pendapatan paling banyak hanya ratusan ribu per hari nya. Namun berbeda dengan tukang parkir yang satu ini, profesinya bisa menghasilkan gaji yang lumayan besar. Ya profesi tukang parkir pesawat adalah profesi yang memiliki gaji besar tiap bulannya. Lalu seperti apa tukang parkir pesawat ini ?

Tukang parkir pesawat adalah sebutan bagi orang yang berprofesi sebagai ground marshall. Biasanya mereka terlihat dilandasan pesawat memakai rompi yang terang berwarna oranye atau hijau neon. Mereka akan mengatur pesawat ketika akan mendarat ataupun ketika akan mengudara. Meski terlihat biasa saja namun ternyata mereka memiliki tanggung jawab yang sangat besar dan tugas yang sulit. Namun semua itu juga berbanding lurus dengan gaji yang mereka dapatkan.

Tugas utama Ground Marshall ini adalah membantu pilot memakirkan pesawat ke apron setelah pesawat mendarat Sebagai petugas parkir pesawat, Ground Marshall biasanya akan berdiri tegak di sebuah titik dan memberikan aba-aba atau kode dengan gerakan tertentu  kepada pilot. Biasanya mereka menggerak-gerakan tangannya ketika ada pesawat akan akan berjalan ke apron.

            Ketika menjalankan tugasnya GM ini harus berkoordinasi dengan ATC di pusat bandara, pilot, dan juga mengamati cuaca sekitar landasan. Meski terlihat biasa saja tetapi profesi ini memiliki fungsi yang sangat vital dan bertanggung jawab terhadap penumpang dan pesawat ketika parkir.

Lalu berapa gaji para Ground Marshall ini ? Sebenarnya gaji para pemandu parkir pesawat ini tergantung atau sesuai maskapai, namun rata-rata untuk pertama kali bekerja mereka mendapat gaji 4 -- 6 juta, setelah beberapa lama mereka akan mendapat kenaikan gaji, bahkan ada yang dapat mencapai puluhan juta rupiah.

Menjadi seorang Ground Marshall tentu saja tidak mudah, harus menjalani pelatihan dan juga sertfikasi terlebih dahulu, tidak bisa asal daftar menjadi GM hal ini karena dilihat dari resiko pekerjaan dan tanggung jawab yang besar dan sangat penting, karena satu kesalahan kecil saja bisa mengakibatkan kecelakaan yang fatal.

Jadi tidak sembarangan orang bisa menjadi tukang parkir pesawat dan harus ada sertifikat. Dimana sertidfikat ini juga hanya berlaku 2 tahun.

 Profesi ini mungkin tidak sebergengsi seperti pilot atau pramugari/a, namun peran mereka sangat penting mengingat tanggung jawabnya besar.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x