Widyanarto Wibowo
Widyanarto Wibowo

Saya menyukai forensik data makroekonomi, spekulan mata uang, belajar banyak dari manajer investasi lulusan MIT, para bankir Goldman Sachs NY, turing motor, dan penyuka parfum Armani. Saya ingin menjelaskan tren makroekonomi dengan data historis serta bahasa yang sederhana dan semoga mudah dipahami pembaca.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Seberapa Dekat Indonesia dengan Resesi? Lihat Tren Penjualan Ritel

9 Agustus 2018   18:35 Diperbarui: 9 Agustus 2018   18:35 245 0 0
Seberapa Dekat Indonesia dengan Resesi? Lihat Tren Penjualan Ritel
https://www.supercheats.com

Setelah dalam dua tulisan sebelumnya saya memperlihatkan bagaimana korelasi dua leading indicator makroekonomi yaitu inflasi inti dan Agregat pertumbuhan uang beredar atau M2 money supply, yang sayangnya juga masih memperkuat bahwa pelemahan dari tren yang ada dari yang akan ditunjukkan disini ialah tren di Pertumbuhan Penjualan Ritel sebagai lagging indicator  atau retail sales year on year. BI menurunkan laporan terbaru dengan gimmick "Pertumbuhan Ritel kembali normal". Well let see the trend buddy..

Investing.com/Indonesia Retail Sales
Investing.com/Indonesia Retail Sales
Seperti jelas terlihat angka terakhir pertumbuhan di laporan pasca lebaran adalah " normal" 2,3%..hal tersebut bagi saya adalah new lower low angka rataan terendah baru!, dan itupun terjadi setelah pemerintah mengucurkan 37 triliun stimulus berupa thr, tunjangan gaji..bla bla..dan ding..jika ditotal dengan lebaran hanya 8%(2 bulan) saja, lebih dekat mana angka 2% dengan 0% tentu lebih mendekati resesi daripada normal. But but..hey..lets pretend that's new normal.

Thanks for reading.