Mohon tunggu...
althafdanendra
althafdanendra Mohon Tunggu... masih hijau

menjemput inspirasi sampai ke ujung bumi

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Siapa Pesepakbola Pertama yang Populerkan Gol Tendangan Salto?

8 Agustus 2020   01:23 Diperbarui: 8 Agustus 2020   01:23 239 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Siapa Pesepakbola Pertama yang Populerkan Gol Tendangan Salto?
Lenidas da Silva | theversed.com

Tak banyak yang tahu siapa sebenarnya pemain sepakbola yang pertama kali mempopulerkan tendangan salto

Bagi kebanyakan orang mungkin lebih mengenal gol tendangan salto yang dicetak Gareth Bale misalnya ke gawang Liverpool di final Liga Champions 2018-19 atau sepakan salto Widodo C Putro ke gawang Kuwait di babak fase grup Piala Asia 1996.

Ialah pemain asal Brasil bernama Lenidas da Silva yang dianggap sebagai pioner tendangan salto di lapangan hijau. Dikutip dari thesefootballtimes, da Silva pertama kali mencetak gol lewat aksi tendangan salto saat bermain untuk Bonsucesso melawan Carioca pada April 1932.

Namun sejumlah media di Uruguay dan Chile menyebut bahwa da Silva bukan orang pertama yang melakukannya. Sepakan salto menurut media kedua negara tersebut sudah lama digunakan pemain amatir di sana. Akan tetapi untuk teknik seperti yang dilakukan Bale dan Widodo C Putro faktanya memang dipopulerkan oleh da Silva.

Da Silva lahir Rio de Janeiro. Di awal kariernya, ia berperan sebagai seorang winger kanan. Di kemudian hari, posisinya digeser hingga menjadi penyerang tengah. "Ia seorang pemain yang sangat lincah, memiliki kecepatan dan badan atletis," tulis salah satu media Brasil.

Permainan Da Silva di 1932 menarik minat klub besar dan tim nasional Brasil. Ia pun sempat bermain untuk tim Samba saat melawan Uruguay di Montevideo dan mencetak dua gol untuk kemenangan 2-1 Brasil. Aksinya itu kemudian membuat klub Penarol meminangnya.

Namun ia hanya bermain sebentar di Liga Uruguay. Pada 1934, ia memutuskan untuk kembali ke Brasil dan menerima pinangan dari Vasco da Gama. Lagi-lagi di Vasco, Da Silva kurang optimal. Ia tercatat hanya bermain 4 kali dan mencetak 1 gol.

Meski begitu hal itu tak menghalangi dirinya dipanggil ke timnas Brasil untuk Piala Dunia 1934. Brasil di kompetisi kedua Piala Dunia ini datang dengan kondisi tak bagus. Alhasil, mereka langsung tersingkir di babak pertama setelah kalah 1-3 dar Spanyol dan Da Silva jadi satu-satunya pemain Brasil yang cetak gol di turnamen tersebut.

Top Skor Piala Dunia 1938 dan tersandung kasus hukum

Empat tahun kemudian, Da Silva kembali bela Brasil di Piala Dunia edisi ketiga yang berlangsung di Prancis. Di turnamen ini, nama Da Silva populer. Ia tercatat jadi top skor Piala Dunia 1938 dengan 7 gol, satu golnya dicetak lewat aksi tendangan salto ke gawang Cekoslovakia.

"Apakah dia di darat atau di udara (saat mencetak gol), pria karet itu memiliki bakat yang luar biasa karena membawa bola dan melepaskan tembakan dengan tidak terduga," tulis media Prancis menggambar gol Da Silva ke gawang Ceko.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN