Mohon tunggu...
Sayyid Jumianto
Sayyid Jumianto Mohon Tunggu... menulis untuk perubahan, bila tidak bisa membaca tulisanku disini mampir di bloggku https://jogjakiri.blogspot.com/

Menulis adalah memulai suatu perubahan https://jogjakiri.blogspot.com/ Alsayyid jumianto

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Anak Pantai (4)

11 Mei 2021   21:20 Diperbarui: 11 Mei 2021   21:37 176 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Anak Pantai (4)
Dok.pri


Sayyid jumianto

Idul fitri yang sepi, insyaallah kamis 13 Mei 2021  ramadan ini berlalu menyambut  hari kemenangan ini seakan berlalu tanpa arti malam ini malam terakhir dibulan ramadan ini. Suasana mushola yang ceria akan redup kembali untuk melewatkan sepi lagi yang seperti biasanya.

 Kakak sudah pulang dengan sedikit oleh-oleh kata orang parcel buat kami benar sangat bermanfaat.

Uang THR kakak yang tidak seberapa dibelikannya sarung, peci untuk bapak serta mukena dan baju gamis untuk ibu. Aku tidak menyangka juga dibelikan mukena dan baju baru, serta angpo yang buatku gembira. "Terima kasih kakak" bisikku padanya aku lihat senyumnya senang pada kami. 

"Nduk simbok ora iso nukoke opo-opo yo" kata simbok padaku. 

Aku tahu trasi buatan simbok belum laku sementara buruh bersih-bersih kerang hijau hanya dibayar harian lima ribu rupiah perkilo habis untuk makan sehari-hari kami.

Bakdo kata kita orang Jawa adalah lebaran yang sebenarnya sehabis puasa satu bulan penuh biasanya ada lebaran ketupat dan lomba kapal hias dan larung dilaut wujud syukur kami pada sang illahi sehingga kini dilestarikan adat ini oleh kami.

 Sekarang pandemi corona ini seakan membuat susah  kami semua kegiatan di pending demi tidak meluasnya virus ini didesa kami. Kami dengar di pelabuhan besar ada beberapa kapal asing yang di karantina karena anak buahnya terkena virus ini. 

Kampung nelayan kecil kami ini seakan terjepit pelabuhan besar dan juga aturan pemerintah, kadang kami sudah patuh dan jalankan protokol kesehatan tetapi para pendantang semaunya saja tidak mematuhi prokes ini. 

Mereka sengaja tidak mau pakai masker dan patuhi aturan yang ada.

"Saiki kerjo neng kuto abot, sekarang kerja di kota berat" kata kakak pada bapak sehabis buka puasa sore ini." Sabar le Gusti Allah ngerti kok" kata bapak padanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN