Mohon tunggu...
Alief Reza KC
Alief Reza KC Mohon Tunggu... Cuma bisa nulis

Pernah nulis buku CINTA SANG EKONOM | alrezkc@gmail.com | IG & Twitter : @alrezkc

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Mahakarya Avengers, Terima Kasih Marvel Studios!

1 Mei 2019   23:36 Diperbarui: 1 Mei 2019   23:48 449 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahakarya Avengers, Terima Kasih Marvel Studios!
dok olah pribadi

End Game. Ya kata itu sedang ada dimana-dimana. Di timeline semua media sosial kita, mulai dari akun-akun yang memang spesialis membahas genre ini sampai akun-akun yang tidak biasanya membahas seputar dunia Marvel. Tak lupa pula deretan instastory dan whatsapp status teman-teman kita yang berlomba-lomba memamerkan eksistensi akan euforia End Game, entah sebenarnya mereka benar-benar mengikuti ceritanya atau hanya sekedar latah saja.

Jika keramaian di media sosial belum cukup, euforia End Game masih hadir setelah kita menutup smartphone, ada di obrolan teman-teman sekantor kita,  atau bahkan obrolan orang-orang sebelah tempat duduk kita di warung kopi dan cafe. Jika kalian adalah salah satu dari penggemar setia Avengers tentu akan sangat menikmati "Lebaran" kali ini. Tapi bagi mereka yang sama sekali tidak pernah peduli dengan dunia Avengers tentu akan merasa jengah.

Euforia End Game yang melanda seantero planet Bumi.

Pernyataan diatas bukanlah sebuah hiperbola. Euforia End Game memang tidak main-main. Tercatat baru di teaser trailer saja dilansir dari Variety, Minggu (9/12/2018), trailer Avengers End Game ditonton sebanyak 289 juta kali dalam waktu satu hari. Ini, memecahkan rekor trailer film yang paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam. 

Ya, padahal itu baru teaser trailer yang hanya berdurasi 2 menit 26 detik saja.Sejak saat itu dunia khususnya para penggemar setia Avengers mulai berlomba menciptakan berbagai teori yang akan terjadi di film hanya dari potongan per potongan scene yang sangat acak. Pada saat ini, orang awam masih belum begitu terusik dengan euforia ini.

Kehebohan di Indonesia dimulai pada 24 April lalu. Kebetulan beberapa negara di dunia mendapat kesempatan untuk mulai memutar End Game 2 hari lebih cepat  daripada di Amerika Serikat, negeri asal Avengers, salah satunya yang mendapat keberuntungan ini adalah Indonesia. Film memang dimulai pada 24 April, akan tetapi tiket sudah bisa di-booking sejak seminggu sebelumnya, tepatnya 16 April. Sekilas terlihat terlalu berlebihan karena hari penayangan masih cukup lama.

Tapi apa yang terjadi? Seratus persen tiket hari pertama di bioskop hampir seluruh Indonesia telah ludes terjual hanya dalam kurun waktu beberapa jam saja sejak penjualan dimulai pukul 00.00! Nuansanya  tak kalah dengan berebut tiket mudik lebaran. Penulis sendiri cukup terkejut ketika baru pukul 5 pagi tetapi kursi di hari pertama penayangan telah ludes lebih dari 90%. Bahkan kursi untuk penayangan 5 hari berikutnya juga sudah hampir 100% terjual. Padahal secara resmi sudah diumumkan bahwa durasi film ini adalah 3 jam lamanya. Sebuah durasi yang sangat panjang untuk berada di dalam studio.

Melihat besarnya euforia ini, kalangan pebisnis  bioskop di Indonesia tahu bahwa ada potensi profit yang sangat besar sehingga mereka melakukan hal yang menghebohkan. Membuka layar bioskop dimulai pukul 5 pagi sampai 5 pagi kembali, ya 24 jam nonstop! Kebijakan ini dilakukan jaringan bioskop cinemaxx yang menayangkan Avengers End Game selama 24 jam pada tanggal 24-25 April 2019 di 13 jaringan bioskopnya. 

Sepengetahuan penulis (Koreksi jika salah) rasanya baru kali ini ada bioskop yang membuka layarnya mulai pukul 5 pagi hingga 24 jam lamanya. Jika bukan karena meledaknya antusias penonton dan kualitas filmnya mustahil kebijakan ini akan diambil. Datang ke bioskop di waktu subuh? Terdengar aneh memang, tapi kenyataannya tiketpun habis terjual !

Menurut Pengamat film senior, Yan Widjaya kepada CNN Indonesia, saat ini Indonesia memiliki 1759 layar bioskop yang tersebar di seantero nusantara. Sementara End Game ditayangkan di 1650 layar bioskop! Itu artinya hanya tersisa 109 layar saja untuk film-film lain. Bahkan mayoritas bioskop hanya menayangkan End Game saja di sepanjang hari, sehingga setiap 30 menit akan filmnya akan tayang. Hal ini baru pertama terjadi sepanjang perfilman tanah air. Menurut penulis sendiri, celakah film yang rilis pada periode ini. Seharusnya mereka menghindari "lebaran-nya" Avengers.

Kemudian tibalah pada 24 april, karena sudah ditayangkan sejak pukul 5 pagi maka pukul 8 pagi pun kehebohan penonton yang sudah menyaksikan mulai berkeliaran di media sosial, spoiler demi spoiler mulai memenuhi beranda dan kolom-kolom komentar di banyak akun-akun populer. Foto-foto tiket bioskop mulai berjejer rapi di story-story. Topik-topik pemilu pun harus mengalah sejenak eksistensinya demi memberikan ruang bagi topik End Game ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x