Mohon tunggu...
Al HilalQardhafi
Al HilalQardhafi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang Mahasiswa Jurusan Pendidikan Pariwisata yang Tertarik dengan Dunia Menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2022: Desa Sehat dan Sejahtera dengan Sub Tema "Pola Perilaku Hidup dan Makanan Sehat"

9 Agustus 2022   10:50 Diperbarui: 9 Agustus 2022   10:59 150 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kelompok KKN 139 Grogol (Dokpri)

Apa yang terlintas dipikiran anda ketika mendengar kata pola hidup sehat? ya, pola hidup sehat merupakan kegiatan kita menjaga atau merawat bagaimana kita menjaga diri kita atau merawat diri kita untuk hidup yang lebih sehat.

Dewasa ini masih banyak masyarakat yang kurang peduli mengenai pentingnya menjaga polahidup sehat bagi dirinya. Ditengah banyaknya tugas dan kegiatan yang ada, banyak orang seringkali lupa akan menjaga kesehatan fisiknya. Contohnya, sering tidur larut malam, makan-makanan instan dan olahraga tidak teratur. Hal ini membuat mereka kurang berenergi, kurang fokus dalam belajar dan dapat mengakibatkan kemampuan otak menurun.

Sebagian besar orang menyepelekan peningnya kesehatan bagi diri sendiri. Masih banyak diantara mereka yang beranggapan bahwa penyakit akan datang menyerang saat usia mereka sudah menjelang tua. Pemikiran semacam itu yang merupakan kesalahan besar karena penyakit tidak akan memandang siapa orang itu dan berapapun usianya. Untuk itu  masih perlu banyak belajar akan petingnya kesehatan bagi diri sendiri.  

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas kesehatan dan menerapkan dipikiran masyarakan akan pentingnya pola hidup sehat. manfaat yang paling utama adalah terciptanya masyarakat yang sadar akan kesehatan dan memiliki bekal pengetahuan dan kesadaran akan pentingnya menjaga pola hidup sehat.

Sosialisasi kepada anak PAUD RW.06 (Dokpri)
Sosialisasi kepada anak PAUD RW.06 (Dokpri)

Sebagai mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) kami berusaha meningkatkan kesadaran akan pentingnya menerapkan pola hidup dan makanan sehat, dengan cara sosialisasi langsung dengan mendatangi PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) RW.06, yang berada di Kelurahan Wijaya Kusuma. 

Kenapa kelompok kami mengambil sasarannya anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)? karena di usia yang masih sangat muda tersebut, pola pikir mereka masih luas, jadi kita berupaya menerapkan pola hidup sehat supaya mereka tetap menerapkan pola hidup itu hingga meranjak dewasa.

Kegiatan yang kami lakukan selama kami berada di PAUD Rw.06 yaitu seperti bermain sambil belajar, yang diantaranya

  • Melakukan Sosialisasi terhadap anak - anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) mengenai pentingnya menjaga pola hidup dan makanan sehat
  • Mempraktikan cara menjaga diri yang benar, seperti cara mencuci tangan yang benar, menggosok gigi yang benar, menjaga kebersihan diri, dan memakan makanan sehat
  • Menunjukan poster tentang gizi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia
  • Memutarkan video animasi bergerak tentang pentingnya imunisasi dan pola gizi yang seimbang bagi tubuh
  • Memberi kartu aktivitas harian anak kepada orang tua, untuk memantau kegiatan anak seperti : Memakan makanan 4 sehat 5 sempurna, tidur siang yang cukup, memakan buah - buahan, dan masih banyak lagi

Bermain sambil belajar bersama anak PAUD RW.06 (Dokpri)
Bermain sambil belajar bersama anak PAUD RW.06 (Dokpri)

Kegiatan kami yang pertama yaitu sosialisasi tentang pentingnya menjaga pola hidup dan makanan sehat kepada anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), kami menunjukan cara mencuci tangan menggunakan gerakan, karena anak seusia tersebut kalau kita hanya menjelaskan tentang materi, mereka tidak akan menyimak dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan