Mohon tunggu...
Alpin Hidayat
Alpin Hidayat Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa universitas Palangka Raya

saya adalah mahasiswa jurusan Manajemen di Universitas Palangka Raya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kebijakan Fiskal dalam Menghadapi Dampak Covid-19

29 November 2022   05:54 Diperbarui: 29 November 2022   06:27 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang kita ketahui dampak covid-19 sangat berpengaruh dalam kehidupan masa sekarang dan masa yang akan datang. Baik dari segi kelayakan hidup dan segi ekonomi. Berikut beberapa dampak akibat dari covid-19.
Dampak kesehatan
Covid-19 merupakan salah satu virus yang dapat menyebar dengan cepat, apalagi untuk masyarakat berusia lanjut atau yang menderita penyakit bawaan, seperti jantung, asma, tensi dll.
Dampak sosial covid-19
Dengan adanya covid-19 munculah suatukalimat yang bisa mengatasi virius tersebut " social distancing" dengan itu kita bisa mengurangi penyebaran virus dengan kontak tidak langsung atau dalam jarak tertentu ( 2 meter ). Pekerjaan pun pada saat itu dilakukan lelalui rumah " work from home"
Nah apasih peran pemerintah dalam menghadapi kasus covid-19 ?
Pemerintah pada saat itumnereapkan suatu kebijakan, yaitu kebijakan fiskal, kebijakan fiskal merupakan penyesuaian pendapatan dan pengeluaranyang sudah di tentukan (APBN).
Dalam kasus ini pemerintah melakukan kebijakan refocusing dan realokasi anggaran. Sehingga kementrian keuangan merealokasikan dana APBN sebesar Rp. 62,3 triliun dana tersebut diambil dari perjalanan dinas, honor dsb. Nah dana tersebut lah yang digunakan untuk fasilitas, alat kesehatan, obat- obata, dan intensif tim medis yang menangani kasus tersebut.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun