Mohon tunggu...
Alomet And Friends
Alomet And Friends Mohon Tunggu... profesional -

Kami adalah perusahaan konsultan manajemen strategi yang berbasis pada proses dan teknologi

Selanjutnya

Tutup

Money

Memikat Calon Investor

28 Januari 2016   09:21 Diperbarui: 28 Januari 2016   09:57 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

MEMULAI SEBUAH USAHA BISA MENJADI SEBUAH HAL YANG MENANTANG. PERTANYAANNYA, BAGAIMANA ANDA HARUS MEMULAINYA? SEBUT SAJA ANDA MEMILIKI IDE YANG JELAS TENTANG BISNIS YANG INGIN DILAKUKAN,TETAPI SAYANGNYA ANDA TIDAK MEMILIKI MODAL UNTUK MEREALISA-SIKANNYA. LANTAS, APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Hingga kini, masih banyak orang yang mengatakan, satu hal tersulit saat ingin memulai bisnis adalah mencari modal. Anda bingung ingin kemana, waktu terus bergulir, akhirnya ide bisnis Anda menguap dengan percuma. Anda seakan dipaksa untuk berpikir mencari solusi. Bahkan, (walau sebenarnya terlalu jauh) otak Anda langsung mengarahkan pikiran Anda saat sudah ada dalam perjalanan bisnis. Anda harus berpikir tentang pembagian keuangan yang harus dilakukan, menggaji pegawai, dan modal Anda terhindar dari kebangkrutan. Belum beraksi, namun Anda sudah mati!

Cara umum yang sering dilakukan untuk mendapatkan modal saat memulai bisnis adalah dengan menarik investor. Banyak yang mengatakan, cara ini adalah yang terbaik. Namun, investor tidak memberikan uangnya kepada Anda seperti mereka sedang beramal. Tujuan mereka juga sama seperti Anda, yaitu membuat keuntungan. Tanpa bantuan investor dalam dunia bisnis, mayoritas ide-ide bisnis yang hebat pastinya tidak akan pernah mencapai hasil nyata.

Mungkin Anda masih bimbang, apakah Anda benar-benar membutuhkan investor untuk rencana bisnis Anda? Karena kebimbangan itulah, maka tidak heran jika banyak dari Anda ketika ingin memulai bisnis, kepala Anda sudah terasa sakit dan seperti mau meledak. Untuk itulah, dengan sedikit kontribusi modal dari investor, maka tekanan yang Anda rasakan sedikit mereda.
 
Lalu, bagaimana bisnis Anda bisa menarik bagi investor? Untuk melakukan ini, Anda harus mulai dari awal yaitu menyusun rencana bisnis yang terperinci. Sebab, satu-satunya cara untuk mendapatkan investor adalah dengan me-mastikan ide bisnis Anda tampak menguntungkan.

Tidak ada perusahaan modal ventura atau angel investor (di definisikan sebagai orang yang menginvestasikan uang mereka sendiri dalam bisnis) mau mendengar presentasi atau membaca sebuah rencana, kemudian langsung menulis sebuah cek. Seorang angel investor tidak berbeda dari perusahaan modal ventura yang memiliki keinginan membuat investasi yang bijaksana.

Seorang angel investor akan melihat sebuah bisnis dengan hati-hati, kemudian hanya melemparkan uangnya pada setiap proyek yang mereka anggap handal dan tidak jauh dari kebenaran. Begitupun sumber modal ventura, yang akan meminta komite atau penasihatnya, menentukan apakah proses selanjutnya dapat dilakukan.

Berikut adalah beberapa petunjuk tentang bagaimana Anda bisa memiliki rencana bisnis yang terlihat menarik dan cukup untuk menangkap seorang investor yang potensial.


• BUAT KEJELASAN
Pertama-tama, Anda harus bertanya pada diri sendiri dengan pertanyaan ini; "Apa yang ingin dilihat seorang investor pada sebuah rencana bisnis?" Cari beberapa pertanyaan yang menurut Anda akan ditanyakan atau dilihat oleh seorang investor pada sebuah rencana bisnis. Kemudian, jawab pertanyaan itu. Selanjutnya, ren-cana bisnis Anda siap untuk berjalan.

Sebagai contoh: Apa bisnis yang ingin Anda lakukan? Seorang investor ingin memahami produk bisnis, jasa, dan operasional yang ingin Anda lakukan. Apa yang bisa dicapai dalam bisnis Anda dibanding bisnis lain? Tuliskan semua keinginan perusahaan Anda yang bisa memuaskan calon pelanggan.

Calon investor perlu tahu, bisnis Anda cukup bermakna dan berharga bagi orang-orang yang menggunakan produk atau jasa Anda nantinya. Jadi. konsentrasilah pada kebutuhan eksternal perusahaan. Apakah produk atau jasa yang Anda ciptakan bisa dipandang sebagai sesuatu yang lebih baik. lebih murah. lebih aman, atau lebih efisien? Apa yang Anda butuhkan agar bisnis Anda bisa dimulai?

Buatlah daftar semua sumber daya, baik yang berwujud dan tidak benvnjud. dan yang Anda butuhkan agar bisnis Anda bisa berjalan. Buatlah estimasi harga dari segala hal yang Anda butuhkan dan ingin dibeli. Apakah Anda ingin membeli komputer yang canggih atau memasang jalur telepon baru. Jika salah satu benda tampaknya tidak masuk akal atau memiliki nilai yang cukup tinggi, maka pilihlah yang lain. Namun, yang perlu diingat adalah, Anda lebih baik menyertakan setiap elemen yang benar-benar diperlukan dan memiliki perkiraan harga yang wajar dari setiap kebutuhan. Dengan begitu, Anda tidak akan kehabisan uang yang Anda pinjam. Bersikaplah jujur dan konservatif dalam setiap perkiraan yang Anda buat. Selain itu, bersikaplah optimis.


• BAGAIMANA BISNIS ANDA BISA BERBEDA DARI YANG LAIN?
Meskipun ada jutaan jenis usaha, sebenarnya hanya ada beberapa strategi dasar yang bisa diterapkan untuk membuat sebuah bisnis sukses. Langkah pertama dalam memilih strategi yang efektif adalah mengidentifikasi keunggulan kompetitif produk atau jasa yang Anda miliki. Bagaimana Anda bisa mengatakan produk atau jasa Anda lebih baik, lebih murah, lebih lezat, atau lebih nyaman? Bagaimana Anda bisa membuat perusahaan Anda lebih menonjol dari pesaing Anda? Apa hambatan yang akan ada dalam bisnis Anda? Bagaimana Anda memilih strategi yang ingin digunakan? Anda harus memiliki alasan kuat mengapa bisnis Anda aian berhasil. Disini akan terlihat keunggulan kompetitif produk atau jasa yang Anda miliki. Setelah itu, Anda bisa memilih strategi terbaik dalam mencapai tujuan Anda.


• SIAPA YANG MENGINGINKAN PRODUK ATAU JASA ANDA?
Untuk menentukan target pasar, gambarkan demografi orang-orang yang akan menggunakan produk atau jasa Anda. Berapa usia mereka? Apa yang mereka lakukan dalam hidupnya? Siapa pengguna layanan, pria atau wanita? Apakah produk atau jasa Anda menarik bagi kelompok etnis atau ekonomi tertentu? Apakah hanya orang yang kaya yang mampu membelinya? Apakah calon pelanggan Anda hidup dalam jenis lingkungan tertentu? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang demografi pasar ini, akan membantu Anda membangun karakteristik yang jelas dari orang yang Anda butuhkan untuk pencapaian langkah Anda.


• BAGAIMANA ANDA MERAIH PELANGGAN DAN APA YANG AKAN ANDA KATAKAN?
Strategi pemasaran menggambarkan cara Anda untuk memposisikan produk atau jasa Anda dalam sasaran pasar yang ada. Selain itu, Anda akan tahu, bagaimana Anda pelanggan potensial Anda mengetahui perusahaan Anda. Posisi perusahaan artinya konsentrasi pada proses identifikasi keunggulan kompetitif: apakah produk itau jasa Anda memiliki perbedaan kualitas terbaik dari yang lain, fitur revolusioner atau kemampuan yang tidak pernah pelanggan Anda dapatkan seumur hidup mereka?

Dengan cara ini, Anda pun bisa menetapkan cara terbaik dalam menjangkau calon pelanggan dan apa yang harus dikatakan kepada mereka. Bila Anda memiliki kampanye pemasaran yang tepat, otomatis Anda pun memiliki rencana kerja yang baik untuk memperoleh pangsa pasar, menghasilkan pendapatan, dan proyeksi keuntungan yang baik.


• BAGAIMANA ANDA MENARIK PELANGGAN?
Disini, Anda harus berpikir tentang kualitas produk atau jasa Anda agar calon pelanggan tertarik. Kemudian, miliki bahasa yang meyakinkan dan jelas yang bisa mengomunikasikan      keunggulan kompetitif produk Anda, Bahasa tersebut pada akhirnya juga akan digunakan oleh staf penjualan Anda saat berbicara kepada calon pelanggan. Menurut pengalaman, unsur penting dari upaya penjualan yang efektif adalah memiliki staf penjualan yang benar-benar memahami bisnis dan kebutuhan, serta pelanggan potensial. Karena itu, rencana penjualan yang Anda miliki, harus bisa mengatasi masalah bagaimana staf penjualan Anda memiliki pengetahuan lentang bisnis dan dijelaskan kepada pelanggan potensial.


• BAGAIMANA PERUSAHAAN MENCAPAI KE-UNTUNGAN?

Untuk menjawab hal ini, Anda memerlukan sebuah diskusi tentang pasar dan persaingan yang ada. Selain itu, juga analisa tentang margin pendapatan dan keuntungan yang akan Anda raih. Apa manfaat yang akan diperoleh dari suntikan modal yang dilakukan? Dengan kata lain, bagaimana modal bisa dimanfaatkan dan menguntungkan investor. Semuanya harus diterjemahkan kedalam peningkatan pendapatan dan keuntungan, serta pengembalian atas investasi yang dilakukan. Proyeksi keuangan Anda harus masuk akal. Sebuah proyeksi yang terlalu optimis bisa merubah pertimbangan sang investor. Proyeksi boleh agresif, tetapi harus berada dalam dunia bisnis yang nyata.


• SIAPA SAJA ORANG-ORANG PENTING DALAM BISNIS ANDA?
Anda perlu menentukan cara kerja dan dan peran dari tim manajemen yang dimiliki. Posisi direktur, wakil direktur, manajer keuangan, dan manajer dari departemen-departemen lain yang Anda bentuk, perlu didefinisikan secara jelas. Anda mungkin berharap untuk menjalankan perusahaan sebagai satu keluarga besar yang bahagia, namun sebuah organisasi membutuhkan struktur formal dan hirarki yang jelas. Investor berharap untuk bisa melihat, kepada siapa mereka akan membahas isu-isu selanjutnya.


• APA KUALIFIKASI YANG ANDA MILIKI AGAR RENCANA ANDA BERHASIL?
Bakat, pengalaman, dan antusiasme Anda akan membawa perusahaan pada sebuah keunikan. Hal ini bisa menjadi alasan menarik bagi orang lain untuk membiayai konsep Anda. Perlu diketahui, investor akan berinvestasi lebih banyak akan melihat kepada orangnya dari pada idenya. Bahkan, jika bisnis potensial Anda memiliki banyak kompetitor atau tidak ada diujung tombak sebuah industri, kualifikasi dan komitmen Anda menunjukkan perencanaan Anda cukup meyakinkan bagi orang lain dan mendapat dukungan.

Pengalaman Anda akan dimasukkan kedalam lampiran terpisah dari sebuah perencanaan. Pengalaman disini bukanlah daftar setiap pekerjaan yang pernah Anda lakukan atau fakta bahwa Anda sebelumnya adalah seniman ternama di sebuah perguruan tinggi. Intinya, janganlah memasukkan pengalaman yang tidak memiliki kaitan langsung pada kemampuan Anda untuk memulai bisnis.

Namun, tekankan pada keterampilan yang memenuhi syarat yang mungkin jelas dari resume Anda.

Selain itu, jangan mengabaikan dampak. Sebab, beberapa bagian dari latar belakang Anda mungkin tampak tidak terkait dengan usaha yang ingin Anda rintis. Namun, bisa saja berpengaruh. Sebagai contoh, Anda mungkin pernah menjadi pilot, artinya menunjukkan Anda mengetahui cara untuk mengawasi awak atau staf, dan mengajak sebuah tim bekerja sama demi sebuah kenyamanan dan keamanan. Anda juga bisa dikatakan memiliki pengalaman menangani pelanggan yang tidak puas atau marah. Bahkan, gelar sarjana seni dapat memungkinkan Anda untuk membuat produk atau toko yang lebih menarik bagi mata seseorang.

Keunikan yang Anda miliki akan membedakan Anda dari orang lain yang juga mencari modal usaha dengan ide-ide serupa. Membual tentang keterampilan bukanlah kesombongan, namun menunjukkan Anda memiliki bisnis yang sangat cerdas untuk diasah.

Jadi, strategi apa yang bisa Anda tunjukkan kepada investor? Apakah bisnis Anda memiliki potensi untuk menjadi bisnis gabungan, go public, atau dapat dibeli oleh investor lain? Penjelasan ini penting, karena kendaraan modal ventura yang paling populer adalah surat konversi utang. Investor harus yakin, baik mengenai pembayaran hutang yang dapat dipertahankan atau hak-hak konversi saham mereka memiliki titik potensial tertentu.

Jika rencana bisnis Anda memuaskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, maka perencanaan Anda sudah tercapai.

 

Sumber Link : http://alomet.co.id/artikel/detail/94/memikat-calon-investor

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun