Mohon tunggu...
Ali Shodikin
Ali Shodikin Mohon Tunggu... Belajar

Grinting ngangeni

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Kuliah Subuh bersama Ustaz Taufik Hidayat

7 Juni 2020   06:51 Diperbarui: 7 Juni 2020   07:11 11 3 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kuliah Subuh bersama Ustaz Taufik Hidayat
Pak ustadz Taufik Hidayat sedang memberikan ulasan keagamaan di Mushola Nurul Iman | dokpri

Pagi ini nampak berbeda daripada pagi-pagi sebelumnya di Mushola Nurul Iman yang lokasinya berada di Jalan Lebe Wasim RT 3 RW 3 Desa Grinting, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes. Setelah menjalankan ibadah shalat Subuh jamaah tidak langsung pulang, namun tetap berada di dalam mushola karena ada ngaji bareng Ustadz Taufik Hidayat, Pengasuh Pondok Pesantren Al Barokah Bulakamba.

Pengurus Mushola Nurul Iman secara khusus mengundang Pak ustadz Taufik untuk mengisi kuliah subuh. Hari ini, Minggu,  7 Juni 2020 adalah yang perdana, selanjutnya kegiatan ini akan rutin dilaksanakan setiap Minggu pagi selesai shalat Subuh.

Jamaah yang turut hadir | dokpri
Jamaah yang turut hadir | dokpri
Adanya kegiatan tersebut disambut baik dan gembira oleh para jamaah. Nampak banyak jamaah yang hadir baik tua, muda maupun anak-anak, dan rupanya bukan saja jamaah dari mushola Nurul Iman, ada juga dari mushola lain yang turut hadir.

Di kuliah Subuh perdana ini, Ustadz Taufik membawakan tema Rahmat Allah bagi mahluknya. "Semua mahluk hidup di dunia mendapatkan nikmat dan dikasihi oleh Allah SWT. Kasih Allah diberikan saat mahluk masih ada di alam dunia yang sedang kita alami bersama ini, baik yang beriman maupun tidak." Sedikit ulasan dari pak ustadz.

Pengisian kuliah subuh dilaksanakan sekitar lebih dari 30 menit, dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab dari jamaah yang dipandu langsung oleh pak ustadz Taufik. Pak ustadz memberikan kesempatan kepada 3 jamaah untuk bertanya. Pertanyaan bisa disampaikan bebas, sesuai tema pagi ini atau tentang hal lain.

Selesai sesi tanya jawab, acara ditutup dengan doa oleh pak ustadz Taufik. Sebelum pulang, jamaah menyantap sajian bubur kacang ijo yang secara khusus juga disediakan oleh pengurus Mushola Nurul Iman.

VIDEO PILIHAN