Mohon tunggu...
Al Johan
Al Johan Mohon Tunggu... Seorang pegawai biasa

Terus belajar mencatat apa yang bisa dilihat, didengar, dipikirkan dan dirasakan. Phone/WA/Telegram : 081281830467 Email : aljohan@mail.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Masjid Rahmatullah Lampuuk, Saksi Dahsyatnya Bencana Tsunami Aceh

13 April 2021   17:22 Diperbarui: 15 April 2021   03:03 897 14 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Masjid Rahmatullah Lampuuk, Saksi Dahsyatnya Bencana Tsunami Aceh
Masjid Rahmatullah Lampuuk saat ini (Dokumen pribadi)

Alhamdulillah, pada tanggal 25 September 2020, di sela-sela kegiatan dinas, saya sempat diajak mengunjungi Desa Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar.

Jika disebut nama Desa Lampuuk mungkin banyak orang yang belum mengetahuinya. Tetapi jika diingatkan dengan sebuah foto bangunan masjid yang masih berdiri dengan megah saat bencana tsunami pada akhir tahun 2004, mungkin sebagian besar kita akan mengenalnya.

Seperti kita ketahui, bahwa pada 26 Desember 2004, gempa 9,1 skala Richter (SR) mengguncang Samudera Hindia, di lepas pantai Sumatera Utara, Indonesia. 

Gempa ini kemudian diikuti dengan tsunami dahsyat yang menyapu area pantai di sejumlah negara. Lebih dari 230 ribu orang tewas dan jutaan lainnya kehilangan tempat tinggal dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Tsunami menyapu apa saja yang ada di depannya; rumah-rumah, sekolah, balai desa, pohon-pohon, dan tentu saja orang-orang yang tak berdaya.

Salah satu daerah paling terdampak adalah Lhoknga. Gelombang tsunami setinggi 30 meter menyapu pemandangan indah Pantai Lampuuk yang merupakan salah satu objek wisata favorit di Aceh Besar. Seluruh bangunan rata dengan tanah, pohon-pohon tumbang dan jalanan hancur.

Kota ini nyaris rata dengan tanah. Sebelum tsunami, perkampungan ini dihuni sekitar 6.000 jiwa yang umumnya berasal dari kelas menengah keatas. Setelah tsunami, jumlah penduduk hanya tinggal sekitar 700 jiwa.

Masjid Rahmatullah

Saat tsunami terjadi, masjid yang hanya berjarak 500 meter dari bibir pantai ini menjadi satu-satunya bangunan yang tersisa. Meskipun beberapa sisi bangunan masjid rusak, sebagian besar tetap utuh dan selamat. Itulah masjid Rahmatullah, yang terletak  di Desa Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar.

Masjid Rahmatullah Lampuuk, setelah Tsunami tahun 2004. Sumber foto: serambiwiki.tribunnews.com
Masjid Rahmatullah Lampuuk, setelah Tsunami tahun 2004. Sumber foto: serambiwiki.tribunnews.com
Gambar masjid yang berdiri dengan gagah di tengah-tengah kampung yang luluh lantak ini kemudian menjadi viral dan tersebar dimana-mana.

Masjid ini menjadi salah satu saksi bagaimana Tuhan menyelamatkan bangunan yang menjadi tempat orang mengagungkan nama-Nya, sekaligus menjadi saksi kedahsyatan hempasan gelombang tsunami yang menghancurkan Aceh waktu itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x