Mohon tunggu...
Al Johan
Al Johan Mohon Tunggu... Seorang pegawai biasa

Terus belajar mencatat apa yang bisa dilihat, didengar, dipikirkan dan dirasakan. Phone/WA/Telegram : 081281830467 Email : aljohan@mail.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Bercengkerama dengan Ikan Nemo di Pulau Rubiah Sabang

31 Oktober 2018   11:38 Diperbarui: 10 November 2018   16:31 582 4 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bercengkerama dengan Ikan Nemo di Pulau Rubiah Sabang
Salah satu sudut pemandangan Kota Sabang (Koleksi pribadi)

Bercengkerama dengan Ikan Nemo? Terus terang selama ini saya hanya bisa melihat ikan ini di film atau gambar di berbagai media. Dalam dunia nyata, saya belum pernah melihatnya sama sekali. Maklum saya memang kurang piknik di dunia perikanan. Karena itu saya merasa sangat surprise ketika mendapat kesempatan bisa melihat dan bercengkerama dengan ikan berwarna orange putih ini. 

Kesempatan ini saya dapatkan di Pulau Rubiah, Sabang. Badan Informasi Geospasial (BIG) berbaik hati mengundang saya untuk berjalan-jalan ke Kota Sabang sekaligus menghadiri acara Sail Sabang 2017 yang digelar pada tanggal 28 Nopember  hingga 5 Desember 2017.

Salah satu tulisan saya di Kompasiana terpilih sebagai salah satu pemenang dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh BIG dan salah satu hadiahnya adalah jalan-jalan tersebut. 

Selama berada di Sabang, kami diajak berkeliling pulau. Banyak tempat tempat wisata yang bisa kita jelajahi di wilayah pulau yang berada di ujung paling barat Indonesia ini. Baik wisata alam, budaya maupun kuliner. 

Perjalanan menuju Pulau Rubiah (Koleksi pribadi)
Perjalanan menuju Pulau Rubiah (Koleksi pribadi)
Salah satu tempat yang kami tuju selama di Sabang adalah Pulau Rubiah. Pulau Rubiah merupakan bagian dari Kota Sabang, tepatnya berada di sebelah barat laut Pulau Weh. 

Pulau yang memiliki luas kurang lebih 26 hektar dan hanya berjarak 250 meter dari Pantai Iboih ini menawarkan pesona keindahan bawah laut. Karena pesonanya, Taman Laut Rubiah atau Sea Garden of Rubiah dijuluki sebagai surganya para penyelam. Pulau ini sangat potensial sebagai salah satu destinasi unggulan wisata Indonesia.

Bercengkerama dengan Ikan Nemo

Begitu sampai di Pulau Rubiah kami langsung berganti kostum, siap untuk melakukan snorkeling.  Baju selam, pelampung, kaca mata dan sepatu renang lengkap dengan pemandunya semuanya sudah disiapkan. Setelah menjalani pelatihan singkat tentang tata cara bersnorkeling kami langsung terjun menyelam.

Siap-siap menyelam (Koleksi pribadi)
Siap-siap menyelam (Koleksi pribadi)
Taman laut Pulau Rubiah memang cukup memukau. Di sini kita bisa menemui berbagai macam spesies ikan tropis seperti angel fish, gigantic clams, school of parrot fish, lion fish dan lain sebagainya. Selain sebagai tempat wisata, Pulau Rubiah juga merupakan tempat penelitian biota laut, terdapat paling tidak 15 jenis biota laut yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia.

Bersnorkeling di pulau ini juga cukup aman. Banyak spot bisa digunakan untuk menyelam bagi pemula atau bahkan orang yang baru pertama kali menyelam seperti saya.

Saya beberapa kali menghadapi masalah. Beberapa kali mata saya kemasukan air. Air juga masuk ke hidung hingga saya mengalami gelagapan. Untung para pemandu cukup sigap bergerak setiap kali saya menghadapi masalah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN