Mohon tunggu...
Alirman Djamereng
Alirman Djamereng Mohon Tunggu... Sales - I am Flowman but not Superman

Mencoba menulis untuk merawat nalar dan pikiran; email: alirmandjamereng73@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ini 4 Contoh Lomba 17an di Rumah

15 Agustus 2021   14:29 Diperbarui: 15 Agustus 2021   14:29 83 11 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ini 4 Contoh Lomba 17an di Rumah
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Sama seperti tahun lalu, akhirnya pesta perayaan 17 Agustusan yang dulu selalu dirayakan secara meriah, mau tidak mau harus disesuaikan dengan kondisi saat ini di mana pandemi virus Covid-19 masih melanda negeri ini. Namun jangan kuatir, anda tetap bisa mengadakan lomba dengan mengikuti ketentuan prokes dan PPKM yang berlaku di lingkungan anda. 

Dalam melaksanakan perlombaan tentu tetap diperlukan panitia kecil yang bisa diambil dari beberapa orang di lingkungan kita sebagai kordinator. Rapat rapat kecil bisa dilakukan secara terbatas maupun secara online. Untuk kelancaran penilaian lomba dan kemeriahan, panitia bisa membuat IG khusus untuk kegiatan 17an atau teknis lain yang dianggap sesuai karena sebagian lomba akan dilakukan secara virtual. Yang paling penting dilakukan sebelumnya adalah berkordinasi dengan pemangku kepentingan di lingkungan seperti ketua RT/RW.

Berikut beberapa lomba yang bisa dilaksanakan di masa pandemi.

1. Lomba Video Pendek bertema 17an. Temanya bisa juga ditambah dengan tema yang terkait dengan pandemi. Lomba ini bisa diperuntukkan untuk anak anak dengan beberapa kategori umur. Hasil video bisa diunggah di IG Panitia untuk keperluan penilaian juara 1,2 dan 3.  Sementara untuk juara favorit bisa ditentukan dari banyaknya yang memberikan like pada status tersebut, termasuk orang di luar lingkungan seperti keluarga maupun teman teman. Tentu akan seru ketika setiap peserta akan berlomba-lomba meminta keluarga, kerabat atau teman untuk memberikan like atas hasil karya mereka di IG tersebut.

2. Lomba Photo Keluarga bertema 17an. Setiap keluarga bisa menampilkan photo dalam berbagai gaya dan situasi yang menggambarkan perayaan 17an baik diruang tertutup maupun di luar ruang sambil berjemur atau berolah raga bersama. Ini akan menjadi photo kenangan tersendiri buat setiap keluarga. Sama dengan lomba video di atas, hasil photo bisa diunggah ke IG panitia untuk penilaian juara 1,2 dan 3. Dan untuk juara favorit berdasarkan jumlah yang like.

3. Lomba Hias Tumpeng Mini. Menghias tumpeng mini ini bisa dilakukan di rumah bersama keluarga dan kemudian diphoto. Hasil photo kemudian diunggah ke IG panitia untuk penilaian seperti lomba lomba sebelumnya. Jika perlu hasilnya bisa dibawa ke panitia untuk dicicipi sebagai pelengkap keseruan saja, hehehe.

4. Pertandingan Olah Raga fisik yang sederhana, tidak bersinggungan secara langsung dan bisa dilakukan di ruang terbuka seperti Tenis Meja atau Badminton. Pertandingan ini bisa dilaksanakan buat Bapak-bapak dan remaja pria. Tentunya pengaturan jadwal harus dilakukan dengan ketat sehingga tidak menimbulkan kerumunan. Bisa ditambahkan dengan cabang olah raga lain yang memenuhi ketentuan di atas.

Terakhir adalah puncak perayaan 17 an yang bertepatan dengan tanggal 17 Agustus dengan melakukan pertemuan virtual dengan seluruh warga dan pejabat setempat di lingkungan masing-masing. Ajang ini menjadi momen untuk mengumumkan hasil perlombaan dan pembagian hadiah secara simbolis. Pertemuan ini juga bisa juga diisi dengan beberapa game atau kuis online dengan aplikasi yang biasa dilakukan pada saat training-training virtual sebagai ice breaker. Tentu sebelumnya diawali dengan acara yang formal seperti menyanyikan lagi Indonesia Raya, hening cipta dan acara lain yang disesuaikan oleh panitia.

Demikian beberapa contoh lomba 17an yang bisa menjadi alternatif saat ini. Suasananya tentu akan lebih seru dan menyenangkan buat keluarga dan lingkungan sekitar dalam merayakan hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76.

Selamat mencoba, MERDEKA

Mohon tunggu...
Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan