Mohon tunggu...
Ali Musri Syam
Ali Musri Syam Mohon Tunggu... Belajar Menulis

Pekerja, peduli dan tertarik dunia olahraga khususnya sepakbola, dunia satra, dan sosial politik. Karena Menulis adalah cara paripurna mengeja zaman, menulis adalah jalan setapak menjejalkan dan menjejakkan kaki dalam rautan sejarah, menulis menisbahkan diri bagi peradaban dan keberadaban. (Bulukumba, Makassar, Balikpapan, Penajam Paser Utara) https://www.facebook.com/alimusrisyam https://www.instagram.com/alimusrisyam/

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

RPUL: Google Generasi 90-an

16 Mei 2021   09:09 Diperbarui: 16 Mei 2021   15:17 279 67 13 Mohon Tunggu...
Lihat foto
RPUL: Google Generasi 90-an
RPUL, Google Generasi 90-an (Fimela.com)

Berbicara tentang buku kesayangan saat anak-anak, membuat kita menjelajah ingatan kembali ke masa lalu.

Setiap orang, punya buku yang sangat erat dan akrab bagi dirinya, dan masing-masing punya cerita, sejarah dan alasan tersendiri.

Saya sendiri mempunyai kenangan yang begitu membekas terhadap beberapa buku yang saya anggap sangat legendaris dan begitu memiliki peran dan manfaat besar bagi saya saat masih anak-anak bahkan hingga sekarang.

Trio buku kesayanganku saat anak-anak (IDN Times)
Trio buku kesayanganku saat anak-anak (IDN Times)
Buku-buku tersebut antara lain: Buku RPUL (Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap), RPAL (Rangkuman Pengetahuan Alam Lengkap), Atlas Lengkap Indonesia dan Dunia.

Namun diantara ketiga buku bersejarah itu, RPUL menjadi yang terfavorit.

Dari namanya buku ini berisi tentang Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap tentang Indonesia dan Dunia.

Paling tidak ada dua alasan yang membuat saya begitu mencintai buku ini, antara lain:

Buku ini berisi tentang kumpulan berbagai data, fakta, dan informasi dari sumber terpercaya mengenai pengetahuan Indonesia dan dunia.

Di dalam buku ini kita bisa temukan berbagai pengetahuan Indonesia dan dunia secara lengkap, mulai dari pengetahuan tentang negara kita Republik Indonesia hingga negara-negara di dunia, nama provinsi, budaya, adat istiadat, nama-nama sungai, danau, laut, gunung, jembatan, presiden dan wakil presiden indonesia dari masa ke masa, menteri negara, pemimpin dunia, nama negara, ibu kota negara, hingga kurs mata uang dan lain-lain ada semua di buku ini.

Disajikan secara padat, ringkas, sistematis, dan jelas

Buku ini di sajikan secara komprehensif, menggunakan bahasa yang mudah dipahami sehingga pembaca lebih mudah mengerti apa yang disampaikan oleh penulisnya. Membaca buku ini tidak pernah membosankan. Hal ini membuat kita selalu ingin membuka dan membaca setiap waktu.

Menjadi primadona bagi generasi 90-an buku ini laris manis di zamannya. Saya memiliki buku ini sejak duduk di kelas dua Sekolah Dasar (SD) hingga di Sekolah Menengah Atas (SMA), tentu saja dengan beberapa kali beli melalui edisi revisi.

Saya ingat betul buku ini sangat akrab di genggaman, ibarat sekarang buku ini adalah gawai atau telepon pintar. Saat itu rasanya saya memiliki ketergantungan terhadap buku yang satu ini. Ia menjadi semacam platform atau mesin pencari google atau Wikipedia di zaman sekarang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x