Mohon tunggu...
Alif noor pratama
Alif noor pratama Mohon Tunggu... Mahasiswa

Sebagai lulusan baru dari jurusan ilmu komunikasi Universitas slamet riyadi, saya memiliki pengetahuan yang kuat dan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip komunikasi dan pengetahuan komunikasi. Saya mencari peluang untuk memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan ini.

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar

Mahasiswa KKN Unisri Kelompok 20 Dampingi UMKM Telur Asin Ibu Tinah Tingkatkan Branding Produk.

30 Agustus 2025   00:39 Diperbarui: 30 Agustus 2025   00:39 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mempresentasikan umkm telur asin ibu tinah (Dok.KKN Kelompok 20 Brangkal).

Klaten, (21/08/2025) -- Mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta yang tergabung dalam KKN Kelompok 20 Tahun 2025 melaksanakan program pendampingan branding produk UMKM lokal dengan tema "Pendampingan Branding Produk UMKM Lokal sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Pasar".

Lokasi umkm telur asin ibu tinah (Dok.KKN Kelompok 20 Brangkal)
Lokasi umkm telur asin ibu tinah (Dok.KKN Kelompok 20 Brangkal)

Program ini difokuskan pada UMKM Telur Asin milik Ibu Tinah yang berlokasi di Dukuh Seneng, RT 04/RW 02, Desa Brangkal, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten.

Tahap pertama (30 Juli 2025): Mahasiswa melakukan observasi lapangan untuk memetakan kondisi usaha, mulai dari proses produksi, pemasaran, hingga hambatan yang dihadapi. Salah satu masalah utama yang ditemukan adalah keterbatasan dalam pemasaran dan kurangnya identitas merek pada produk.

Pembuatan packaging (Dok.KKN Kelompok 20 Brangkal)
Pembuatan packaging (Dok.KKN Kelompok 20 Brangkal)

Tahap kedua (8 Agustus 2025): Tim KKN melakukan wawancara mendalam dengan Ibu Tinah serta memberikan edukasi tentang pentingnya branding, strategi pemasaran, dan pemanfaatan media digital. Dalam sesi ini, mahasiswa juga menjelaskan tren konsumen modern yang lebih menyukai produk dengan tampilan kemasan menarik serta identitas yang jelas.

Pembuatan desain (Dok.KKN Kelompok 20 Brangkal).
Pembuatan desain (Dok.KKN Kelompok 20 Brangkal).

Tahap ketiga (21 Agustus 2025): Menjadi puncak kegiatan, mahasiswa menyerahkan banner promosi dan desain kemasan (packaging) baru yang lebih modern dan informatif. Desain tersebut menampilkan logo sederhana, informasi produk, serta daya tarik visual untuk meningkatkan minat beli konsumen.

Sesi praktek telur asin (Dok.KKN Kelompok 20 Brangkal).
Sesi praktek telur asin (Dok.KKN Kelompok 20 Brangkal).

Program ini mendapat sambutan hangat dari Ibu Tinah selaku pemilik UMKM Telur Asin. Ia menilai inovasi yang diberikan mahasiswa sangat membantu meningkatkan citra produk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun