Mohon tunggu...
Alifatun Nahdliyah
Alifatun Nahdliyah Mohon Tunggu... Alhamdulillah 'ala kulli hal

Saya masih belajar menulis, semua berawal dari tugas kuliah.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Yang Baru Kemarin Saja Sudah Lupa, Masa yang Bertahun-tahun Masih Ingat, Kok Bisa?

21 Oktober 2020   11:50 Diperbarui: 21 Oktober 2020   14:22 97 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yang Baru Kemarin Saja Sudah Lupa, Masa yang Bertahun-tahun Masih Ingat, Kok Bisa?
sumber foto : halodoc.com

"Kita punya cara sendiri-sendiri untuk bertahan hidup tanpa orang yang kita cintai. Sebagian orang bertahan dengan memori, sebagian lagi justru terluka karena memori"

Ayuwidya

Memori? Sebenarnya apa sih memori itu? Memori bisa diartikan sebagai ingatan. Memori merupakan tempat untuk menerima, mengelola, dan menyimpan ingatan manusia ke dalam otak dan bisa di ambil untuk mengingat kembali. Menurut Bruno (1987) memori (ingatan) ialah proses mental yang meliputi pengkodean, penyimpanan, dan pemanggilan kembali informasi dan pengetahuan yang semuanya terpusat di dalam otak.Memori ini memiliki peran yang penting bagi manusia. 

Orang dengan memori kerja yang baik merupakan ciri orang yang cerdas. Menurut Jackson memori kerja yang baik dan kecerdasan umum sangat berkolerasi, Kolerasi adalah hubungan timbal balik. Setiap orang bergantung pada kekuatan memorinya untuk melakukan aktivitasnya setiap hari. Karena untuk melakukan sesuatu pasti orang akan mengingat sesuatuyang telah terjadi dan apa yang direncanakannya.

            Markowits dan Jensen (2002:21) mengatakan bahwa pengelompokan yang paling sederhana adalah pengelompokan menurut waktu dan seberapa lama inagatan itu di simpan. Lamanya penyimpanan ingatan dibagi menjadi dua bagian, yaitu ingatan presepsi langsung dan ingatan aktif. Ingatan persepsi langsung tersimpan selama kurang dari satu detik cukup lama, misal untuk menginterpretasikan serangkaian gambar seperti gambar-gambar yang bergerak, atau serangkaian kata sehingga kata tersebut dapat ditulis atau ditik. 

Ingatan aktif juga disebut ingatan jangka pendek,ingatan ini berlangsung cukup lama misalnya untuk memutar nomor telepon yang baru saja dilihat atau untuk menentukan berapa kembalian yang harus diterima setelah berbelanja. Memori ingatan manusia dibagi menjadi tiga komponen yaitu Ingatan sensori, Ingatan jangka pendek, dan ingatan jangka panjang.

Memori sensori adalah memori jangka pendek yang dibawa oleh panca indera. Setiap panda indra memiliki satu macam memori sensoris. Di dalam memori sensoris manusia terdapat ada memori sensori visual (penglihatan), sensori motoric audio (pendengaran), dan sebagainya. Memori ini memiliki waktu yang sangat singkat. 

Ketika apa yang kita rasakan berakhir maka ingatan ini akan menghilang, Contoh saja kita melihat dengan puluhan gambar, pasti akan focus kepada satu objek tertentu. Walaupun focus pada satu tertentu ingatan ini akan segera terlupakan karena ada sesuatu yang lain yang menarik perhatian kita. 

Memori sensoris memiliki kapasitas memori yang sangat besar, namun oenyimpanannya tidak ceoat atau langsung hilang. Memoris sensoris sangatlah penting bagi kehidupan manusia. Karena orang harus menaruh perhatian pada suatu informasi apabila orang tersebut ingin mengingatnya. Sensori motorik visual  merupakan memori untuk rangsangan visual, yang dapat didefinisikan sebagai memori sensoris yang sangat singkat dari beberapa rangsangan visual, yang terjadi dalam bentuk gambaran mental. 

Sebagai contoh, ketika kita diminta untuk melihat gambar dan kemudian menutup mata dan mencoba untuk melihat gambar, apa yang terlihat dalam mata pikiran kita adalah memori ikonik gambar dalam gambar. Selain sensori memorik visual ada juga sensori memorik audio. Sensori memorik audio merupakan memori untuk rangsangan suara atau memori yang menirukan bunyi yang merupakan salah satu register memori sensoris, sebuah komponen dari memori sensoris  yang di khususkan untuk mempertahankan informasi pendengaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x