Mohon tunggu...
Alifa AnisNur
Alifa AnisNur Mohon Tunggu... Mahasiswa

Saya hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peran guru BK dalam membangun cita-cita anak sekolah dasar melalui bimbingan karir

19 Juni 2025   06:45 Diperbarui: 19 Juni 2025   06:42 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada setiap individu memiliki berbagai potensi dan Impian yang dapat berkembang sejak dini. Masa kanak – kanak adalah tahap yang paling awal untuk menentukan jati diri , karakter pada anak, dan menggali minat anak mengenai masa depannya. Di dalam tahapan ini anak belum mengenali dan belum sepenuhnya memahami profesi dan cita – cita , maka anak sangat membutuhkan pendampingan yang khusus dan tepat supaya dapat mengenali cita – cita secara jelas. Bimbingan karir adalah suatu layanan yang sangat penting dalam Pendidikan yang dapat membantu siswa untuk mengenal potensi  kemampuan dalam dirinya dan membangun masa depan (Rohmah,2018).
Dengan melalui pendampingan pengenalan karir untuk anak sd dapat menjadikan sarana yang sangat penting untuk bisa membantu anak dalam mengenal berbagai macam profesi atau cita– cita ,mengenal potensi yang di miliki,dan memberikan motivasi untuk bisa meraih masa depan yang diinginkan. Guru bk memiliki peran dan pendampingan untuk memberikan ruang kepada anak dengan melalui pendekatan yang menyenangkan,edukatif ,dan sesuai perkembangan anak. Dengan layanan yang di berikan guru bk maka anak – anak lebih percaya diri dalam menyampaikan cita – citanya.
Bimbingan karir memiliki tujuan bukan hanya untuk menetapkan profesi secara pasti,akan tetapi untuk memperkenalkan beragam karir yang berkaitan dengan minat dan kemampuan anak (Andriani,M.W,2019). Guru bk mempunyai peran yang sangat strategis dalam membimbing siswa agar mampu mengenali cita – citanya. Peran guru bk bukan hanya memberikan informasi tetapi menciptkan suasana yang nyaman agar anak selalu terbuka dan mudah berdiskusi. Guru bk menggunakan peran yang strategis sebagai fasilitator yang membimbing dengan pendekatan yang menyenangkan dan kontekstual ( Khairun,2016).
Menggunakan media yang ramah untuk siswa contohnya dengan menggunakan gambar, video,dan permainan yang berkaitan dengan profesi untuk membuat sesi bimbingan menjadi lebih nyata dan sangat mudah di pahami oleh siswa. Layanan bimbingan karir dapat di terapkan secara berkelanjutan supaya lebih meningkatkan kesiapan karir anak secara signifikan. Dalam hasil riset menunjukkan bahwa adanya peningkatan orientasi masa depan dan merencanakan karir setelah mengikuti bimbingan.  Hal ini membuktikan bahwa keberlanjutan layanan bimbingan sangat membentuk pola pikir siswa tentang karir.
Bimbingan karir di sekolah sangat penting untuk di jadikan Langkah awal dalam menumbuhkan kesadaran karir. Dan layanan karir dapat membantu anak memahami keterkaitan antara pembelajaran di sekolah dan profesi di masa depan. Guru bk memiliki peran sebagai mediator antara siswa dengan informasi karir.
Dengan melalui pendekatan holistik yaitu mencakup beberapa aspek psikologis ,sosial, hingga minat anak. guru dapat membantu siswa dalam pengembangan pemahaman karir yang mendalam. Pendekatan ini dapat mendorong guru untuk selalu berinovasi dan kreatif dalam pembelajaran.
Layanan yang berkelanjutan dan konsisten sangat terbukti untuk menigkatkan keterampilan saat mengambil Keputusan karir peserta didik.  Guru bk dapat menggunakan modul tentang informasi karir dan menggunakan lembar refleksi diri,sehingga siswa dapat lebih matang untuk menentukan pembelajaran sesuai dengan cita – cita nya. Dapat menggunakan sesi diskusi kelompok sehingga anak memiliki pemahaman yaitu saling bertukar pengalaman  dan pendapat.
Bimbingan karir dapat menanamkan nilai – nilai yang baik contohnya seperti memiliki tanggung jawab,dan disiplin. Dapat membangun karakter yang positif bagi anak dalam memahami karir kedepannya. Bimbingan karir bukan hanya sekedar untuk memperkenalkan suatu profesi,akan tetapi lebih tepatnya untuk memberikan bekal kepada anak tentang keterampilan mengambil Keputusan dan perencanaan awal masa depan dan memberikan motivasi belajar kepada siswa.
Implementasi bimbingan karir juga sangat efektif dalam membentuk karakter pada anak sehingga dapat memberikan pemahaman bahwa untuk bisa meraih cita – cita sangat membutuhkan proses dan usaha. Secara keseluruhan dan mendalam guru bk sangat penting dalam membimbing anak sekolah dasar untuk meraih cita – cita melalui bimbingan karir,dan membantu meraih potensi mereka. Guru bk juga sangat membantu mengenali bakat dan minat dalam diri anak. memberikan informasi dan penjelasan tentang karir,dan menjelaskan tentang pentingnya keterampilan sehingga anak memiliki Gambaran.
Guru bk membantu siswa untuk merencanakan Langkah kedepannya untuk mencapai cita-cita. Melakukan kolaborasai dan komunikasi dengan orang tua, agar anak memiliki dukungan penuh dan motivasi dari orang tua nya. Dukungan dari orang terdekat sangat berpengaruh pada belajar siswa dan emosional anak dan sangat berpengaruh pada anak Ketika mengambil Keputusan.
Anak – anak sd belum diharapkan untuk menetapkan cita – cita nya secara pasti, akan tetapi anak – anak tersebut memerlukan bimbingan  dan di berikan arahan untuk mengenal potensi di dalam dirinya,minat,dan penjelasan mengenai jenis – jenis profesi. Dengan diberikan bimbingan yang tepat maka anak – anak memiliki kesadaran penuh bahwa cita – cita bukan Impian semata atau di pandang rendah,akan tetapi memiliki tujuan yang harus dicapai dengan usaha dan dukungan orang – orang sekitarnya.
Pada usia sd anak – anak mulai membentuk dan memahami tentang dirinya sendiri dan lingkungan sekitarnya, guru bk membantudan memberikan informasi tentang karir dengan melalui kegiatan yang positif seperti kelompok diskusi ,konseling individua atau kelompok yang sesuai kebutuhan masing – masing anak. guru juga berperan untuk menciptakan lingkungan yang efektif supaya anak merasa aman nyaman Ketika berbicara tentang cita – cita nya dan tidak memiliki rasa takut,kurang percaya diri, dan takut penilaian orang lain tentang dirinya. Pada tingkatan sekolah dasar anak mulai mengeskplorasi dan bertanya tentang cita – cita di masa depan , maka guru harus memberikan penjelasan yang mudah di terima oleh anak.
Dengan memberikan dukungan yang penuh guru bk dapat membantu siswa untuk memahami potensi anak. oleh karena itu sangat penting dari pihak sekolh memperhatikan anak murid dan dukungan mengenai program bimbingan karir dan harus memperhatikan kualitas guru bk dengan memberikan pelatihan yang efektif dan memadai. Dengan demikian anak mempunyai potensi dan dapat meraih cita – cita nya di masa depan.

Daftar Pustaka
1.Andriani, M. W. (2019). Pengaruh layanan informasi menggunakan papan bimbingan terhadap pemahaman karir siswa sekolah dasar. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 6(2), 68-77.
2.Khairun, D. Y., & Sulastri, M. S. (2016). Layanan bimbingan karir dalam peningkatan kematangan eksplorasi karir siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 1(1).
3.Rohmah, U. (2018). Bimbingan karir untuk peserta didik di sekolah dasar. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 16(2), 262-282.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun