Muda

Berbuat Kebaikan melalui Program Donasi Alfamart

21 Agustus 2017   13:33 Diperbarui: 21 Agustus 2017   13:57 1048 0 0

Rasanya tidak ada alasan untuk tidak berbelanja di Alfamart. Karena bukan hanya menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari yang lengkap namun Alfamart juga sangat memudahkan masyarakat di daerah-daerah di Indonesia untuk membeli segala produk yang dibutuhkan. Banyak dari masyarakat Indonesia yang merasa terbantu dengan adanya Alfamart karena produk yang dihadirkan juga cukup terjangkau oleh masyarakat kebanyakan.

Bukan hanya itu, dengan berbelanja di Alfamart, masyarakat dingatkan untuk selalu berbagi meskipun dalam hal kecil.  Sering kali Alfamart mengajak konsumennya untuk menyumbangkan sedikit rejekinya melalui uang kembalian setelah berbelanja di Alfamart. Alfamart sendiri memiliki program Donasi Alfamart yang memiliki tujuan untuk membantu sesama dalam berbagai bentuk kegiatan sosial.

Program Donasi Alfamart

Saya sendiri selaku konsumen merasa tidak keberatan terhadap 'ajakan' untuk berpartisipasi dalam program Alfamart tersebut. Berdasarkan dari pengalaman saya, Alfamart dalam menjalankan program Donasi Alfamart, karyawan Alfamart selalu menanyakan kepada setiap konsumen kurang lebih seperti ini "apakah boleh uang kembaliannya di donasikan ke program Donasi Alfamart?". Kembalian nominal uang yang biasanya ditawarkan untuk program Donasi Alfamart adalah yang di bawah Rp 500. Jadi tidak memberatkan para konsumen bukan?

Dalam pelaksanaannya, saya maupun konsumen lainnya bisa menekan pilihan "yes"yang muncul pada layar LCD Kasir bila bersedia menyumbangkan uang kembalian tersebut. Namun bila saya atau konsumen ada yang keberatan untuk menyumbangkan uang tersebut, maka saya atau konsumen lainnya bisa menekan pilihan "No"pada layar dan kasir Alfamart akan mengembalikan uang kembalian sesuai dengan nominal yang semestinya.

Saya sempat bertanya pada salah satu kasir Alfamart, tentang kemana saja uang donasi Alfamart di salurkan. Dan kasir Alfamart tersebut menjelaskan jika uang yang terkumpul di salurkan pada yayasan atau lembaga yang bekerjasama dengan Alfamart dalam menjalankan kegiatan sosial pada periode yang telah ditentukan. Kasir Alfamart tersebut memberi contoh jika saat ini Alfamart tengah bekerjasama dengan salah satu yayasan yang menerima sumbangan dari program Donasi Alfamart yakni Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI).

Donasi yang terhimpun akan disalurkan sepenuhnya pada YKAKI untuk mendukung operasional 4 rumah singgah anak kanker  yang sudah dibangun di wilayah Makasar, Pekanbaru, Semarang, dan Malang. Program Donasi Alfamart ini akan berlangsung selama periode 1 Juli sampai 31 Agustus 2017. Saya percaya sepenuhnya pada Alfamart karena setiap tahunnya Alfamart selalu mengadakan program Donasi Alfamart dan selalu disalurkan secara bertanggung jawab.