Mohon tunggu...
alfirahma
alfirahma Mohon Tunggu... pelajar

mahasiswa uin raden fatah semester 6

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Penerapan Metode Bermain Tingkatan Pembelajaran Bahasa Inggris di Desa Sungai Kedukan

16 Maret 2025   16:25 Diperbarui: 16 Maret 2025   16:23 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Banyuasin, Sumatera Selatan -- Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Alfi Rahma Aulia, mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, menunjukkan bahwa metode bermain dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan pembelajaran kosakata dasar bahasa Inggris bagi siswa sekolah dasar di Desa Sungai Kedukan, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini merupakan bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Angkatan ke-82.

Latar Belakang Penelitian

Pendidikan memiliki peran penting dalam pengembangan potensi peserta didik, termasuk kemampuan berbahasa. Namun, siswa sekolah dasar di Desa Sungai Kedukan masih menghadapi tantangan dalam memahami kosakata bahasa Inggris. Metode konvensional yang sering digunakan guru dianggap kurang efektif dalam menarik minat siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode bermain dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap kosakata bahasa Inggris.

Metode Penelitian

Penelitian dilakukan di SD Negeri 06 Rambutan dan melalui les privat di rumah siswa. Teknik pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengevaluasi dampak metode bermain terhadap konsentrasi, stabilitas emosional, dan interaksi siswa dengan guru serta teman sekelas.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain mampu meningkatkan kualitas pembelajaran secara signifikan. Beberapa temuan utama meliputi:

- Peningkatan Konsentrasi dan Minat Belajar: Siswa menjadi lebih fokus dan antusias saat mengikuti pembelajaran.
- Stabilitas Emosional: Metode ini membantu siswa mengontrol emosi mereka saat menghadapi tantangan akademik.
- Interaksi Positif: Hubungan antara siswa dan guru menjadi lebih baik karena suasana kelas yang lebih kondusif.

Namun, penelitian juga mengidentifikasi sejumlah hambatan dalam penerapan metode ini, seperti keterbatasan fasilitas, kurangnya pelatihan bagi guru, minimnya dukungan dari orang tua dan sekolah, serta keterbatasan waktu pembelajaran.

Kesimpulan dan Rekomendasi

Metode bermain terbukti efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap kosakata bahasa Inggris. Kendati demikian, keberhasilan metode ini membutuhkan dukungan yang lebih besar dari pihak sekolah, orang tua, serta pelatihan bagi guru untuk mengoptimalkan penerapannya. Dengan strategi yang tepat, metode ini dapat menjadi alternatif pembelajaran yang menyenangkan sekaligus efektif bagi siswa sekolah dasar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun