Mohon tunggu...
alfin bontang
alfin bontang Mohon Tunggu... Guru - خالص الف مسؤلى

Riwayat Pendidikan : Tk Pertiwi Palopo, SD. Muhammadiyah Palopo, SD. Muhammadiyah 1 Bontang, SMP. Bahrul Ulum, MAN 2 Jember, IAIN Jember.

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Filsafat Pendidikan Perenialisme Beserta Tokoh Pemikiran

15 Juni 2020   22:39 Diperbarui: 15 Juni 2020   22:44 28
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Pengertian filsafat pendidikan perennialisme

Filsafat pendidikan perennialisme adalah aliran pendidikan yang lahir karena adanya suatu reaksi terhadap suatu pendidikan progresif. Aliran ini menggunakan pemikiran mundur dengan prinsip yang kuat di zaman kuno dan abad pertengahan.

Tokoh -- tokoh pemikiran filsafat pendidikan perennialisme

  • Robert Maynard Hutchins seorang filusuf asal Amerika. Beliau memandang bahwa seni liberal adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan, yang mana mengajarkan semua orang berpikir dengan baik. Tujuan utama diskusi sokrates adalah menjadikan siswanya bertanggung jawab dalam ketidaksepakatan dan mencapai kesimpulan yang masuk akal.
  • Ortimer Adler berpendapat jika manusia adalah manusia yang terkait dengan hakikat yang senantiasa sepertiitu tentu manusia memiliki kepentingan yang terkait dengan program pendidikan. Manusia juga makhluk sosial yang kehidupan intelektualnya hidup di tengah komunitas yang menjadi eksis melalui komunikasi.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun