Mohon tunggu...
Alfina Putri Amalya
Alfina Putri Amalya Mohon Tunggu... Mahasiswa - FKIP

Seputar Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Urgensi Psikologi Perkembangan Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Khususnya Dalam Pendidikan Agama Islam

7 Juni 2022   13:00 Diperbarui: 10 Juni 2022   13:30 1864
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Prodi Pendidikan Agama Islam (Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia)

Abstrak

Psikologi yang berhubungan dengan aspek belajar dikenal sebagai psikologi pembelajaran. Psikologi merupakan mata pelajaran wajib yang harus dipelajari dan dikuasai oleh setiap guru. Karena setiap aspek pembelajaran selalu bersinggungan dengan ilmu psikologi, maka interaksi antara guru dan siswa bersifat psikologis. Peran penting psikologi adalah memahami peserta didik, meliputi perkembangan, kepribadian, kemampuan, kecerdasan, motivasi, minat, fisik, pengalaman, dan kepribadiannya. Lingkup psikologi dengan psikologi pendidikan agama Islam adalah sama, hanya psikologi Islam berbasis Islam.

Kata-kata kunci : Psikologi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Pendahuluan

Kegiatan Belajar Menurut Muhammad Syarif Sumantri (2015) adalah rangkaian kegiatan yang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antara siswa, guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya untuk mencapai kompetensi kegiatan pembelajaran yang dapat dicapai melalui metode pembelajaran yang beragam dan berpusat pada siswa. Kegiatan pembelajaran memiliki kecakapan hidup yang harus dikuasai siswa.

Dewasa ini pada umumnya banyak  pendidik yang belum menyadari pentingnya membekali diri secara psikologis, karena pada kenyataannya psikologi tidak dapat ditinggalkan dalam proses pembelajaran. Dengan bersentuhan langsung dengan siswa, kita harus dapat memahami keadaan psikologis siswa kita secara individu sehingga hambatan dalam proses pembelajaran dapat diatasi, dan jikalau mengabaikan hal tersebut  akan mengakibatkan  pengetahuan yang kita berikan tidak akan diterima baik oleh siswa.

Oleh karena itu, guru harus memiliki pemahaman psikologi untuk memecahkan masalah psikologis yang timbul dalam proses pembelajaran. Dalam artikel ini, penulis akan menyebutkan urgensi psikologi pembelajaran dalam proses pembelajaran, khususnya dalam Pendidikan Agama Islam.

Kajian Teoritis

Psikologi

Menurut Tohirin (2005: 1), psikologi secara umum dipahami sebagai  ilmu yang mempelajari gejala-gejala psikologis pada manusia dan hewan atau ilmu yang mempelajari perilaku individu dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Psikologi terbagi menjadi dua, psikologi umum dan psikologi khusus. Jika menurut aspek , perilaku manusia secara umum  disebut psikologi  umum. Namun jika aspek yang dipelajari adalah perilaku manusia  secara khusus, maka disebut  psikologi khusus.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun