Prodi Pendidikan Agama Islam (Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia)
Abstrak
Psikologi yang berhubungan dengan aspek belajar dikenal sebagai psikologi pembelajaran. Psikologi merupakan mata pelajaran wajib yang harus dipelajari dan dikuasai oleh setiap guru. Karena setiap aspek pembelajaran selalu bersinggungan dengan ilmu psikologi, maka interaksi antara guru dan siswa bersifat psikologis. Peran penting psikologi adalah memahami peserta didik, meliputi perkembangan, kepribadian, kemampuan, kecerdasan, motivasi, minat, fisik, pengalaman, dan kepribadiannya. Lingkup psikologi dengan psikologi pendidikan agama Islam adalah sama, hanya psikologi Islam berbasis Islam.
Kata-kata kunci : Psikologi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Pendahuluan
Kegiatan Belajar Menurut Muhammad Syarif Sumantri (2015) adalah rangkaian kegiatan yang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antara siswa, guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya untuk mencapai kompetensi kegiatan pembelajaran yang dapat dicapai melalui metode pembelajaran yang beragam dan berpusat pada siswa. Kegiatan pembelajaran memiliki kecakapan hidup yang harus dikuasai siswa.
Dewasa ini pada umumnya banyak  pendidik yang belum menyadari pentingnya membekali diri secara psikologis, karena pada kenyataannya psikologi tidak dapat ditinggalkan dalam proses pembelajaran. Dengan bersentuhan langsung dengan siswa, kita harus dapat memahami keadaan psikologis siswa kita secara individu sehingga hambatan dalam proses pembelajaran dapat diatasi, dan jikalau mengabaikan hal tersebut  akan mengakibatkan  pengetahuan yang kita berikan tidak akan diterima baik oleh siswa.
Oleh karena itu, guru harus memiliki pemahaman psikologi untuk memecahkan masalah psikologis yang timbul dalam proses pembelajaran. Dalam artikel ini, penulis akan menyebutkan urgensi psikologi pembelajaran dalam proses pembelajaran, khususnya dalam Pendidikan Agama Islam.
Kajian Teoritis
Psikologi
Menurut Tohirin (2005: 1), psikologi secara umum dipahami sebagai  ilmu yang mempelajari gejala-gejala psikologis pada manusia dan hewan atau ilmu yang mempelajari perilaku individu dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Psikologi terbagi menjadi dua, psikologi umum dan psikologi khusus. Jika menurut aspek , perilaku manusia secara umum  disebut psikologi  umum. Namun jika aspek yang dipelajari adalah perilaku manusia  secara khusus, maka disebut  psikologi khusus.