Mohon tunggu...
ALFIAN RESTUWAHYUDI
ALFIAN RESTUWAHYUDI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Menulis adalah bentuk fasilitas kebebasan dalam mengeksprisikan diri

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hidden Gem! KKNT 34 FIA UB Temukan 5 Potensi Wisata di Desa Sumbersuko

24 Juli 2022   11:32 Diperbarui: 24 Juli 2022   11:40 111 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Desa Sumbrsuko merupakan salah satu desa di kaki Gunung Kawi, kecamatan Wagir, Kabupaten Malang yang mana memiliki beberapa sumber mata air antara lain : Sumber Dok, Sumber Nget, Sumber Judel, Sumber Glodok, Sumber Kenep, Sumber Gesang, dan Sumberpang. Pemanfaatan potensi desa memperkuat perekonomian desa dan masyarakat. Dengan mengembangkan potensi wisata alam yang dimiliki desa maka dapat menciptakan peluang bagi UMKM lokal untuk turut serta mengembangkan usaha didalamya. Seperti salah satu wisata yang dimiliki Desa Sumbersuko Kecamatan Wagir Kabupaten Malang yaitu Kedai Alas Pakis.

Beberapa potensi yang dimiliki oleh desa diantaranya  pariwisata yang terdiri dari Precet Forest Park, Kolam Renang Anak Sumberpulo , Coban Luk Songo, Alas Pakis, dan Gunung Katu.

dokpri
dokpri

Kedai Alas Pakis menjadi salah satu destinasi wisata didesa Sumbersuko yang banyak diketahui khalayak ramai. Didukung dengan adanya pendistribusian konten menggunakan platform digital akan membuat Alas Pakis lebih dikenal dengan memamerkan pemandangan hutan pakis yang indah didalamnya. Hal ini tentu saja dapat dimanfaatkan UMKM lokal untuk menawarkan produknya sebagai oleh-oleh pada pengunjung. Dengan adanya kolaborasi antara Pariwisata dan UMKM maka akan berdampak positif bagi perekonomian baik desa maupun masyarakat. 

dokpri
dokpri

Precet Forest Park merupakan salah satu destinasi wisata yang berlokasi di Desa Sumbersuko, Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Wisata yang berkonsepkan alam ini pada awalnya merupakan kawasan hutan pinus yang kemudian dikelola masyarakat sekitar menjadi tempat wisata yang bisa memenuhi kebutuhan hidup masyarakat sekitar sekaligus melestarikan potensi alam. 

Wisata yang mempunyai luas sekitar 7 hektar ini memiliki atraksi utamanya, yaitu bisa melihat pemandangan Gunung Kawi sekitar pukul 9 atau 10 pagi. Selain itu, terdapat atraksi lainnya, yaitu taman bunga, camping ground, flying fox, berkuda, dan spot foto lain yang pastinya instagramable.

Untuk menikmati keindahan wisata ini, Precet Forest Park buka setiap hari dimulai dari pukul 7 pagi hingga 6 sore dan pengunjung hanya perlu membayar parkir sebesar Rp3.000 untuk kendaraan beroda dua dan Rp5.000 untuk kendaraan beroda empat.

dokpri
dokpri

Coban Luk Songo merupakan wisata yang terletak di Desa Sumbersuko, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Wisata alam ini berada di bawah kaki Gunung Kawi. Wisata yang sering disebut dengan Coban Jodo atau Coban Jago ini letaknya terbilang cukup rumit karena aksesnya yang cukup sulit dan hanya bisa di akses oleh orang-orang yang menggunakan Motor Trail, terlebih lokasinya tidak terdeteksi di Google Maps. Untuk menuju lokasi ini dibutuhkan tenaga yang ekstra karena jalan yang dilewati merupakan jalan setapak yang harus dilalui dengan menyusuri hutan pinus, kebun kopi, bebatuan terjal, serta arus sungai yang cukup deras.

Air yang jernih, udara yang sejuk, tumbuhan yang hijau disertai dengan kicauan burung dari lereng Gunung Kawi menambah indahnya tempat wisata ini sehingga wisatawan cukup tertarik untuk berkunjung. Masyarakat sekitar sering berkunjung ke tempat ini di musim kemarau karena akses menuju Coban ini aman dilalui pada saat itu. Namun, wisata ini mulai kehilangan pengunjung semenjak Covid-19. Wisata Alam ini sangat cocok bagi wisatawan yang memiliki jiwa petualangan yang tinggi karena perjalanan yang ditempuh akan menjadikan kenangan bagi wisatawan, terlebih kebersamaan dari menempuh perjalanan hingga mendapatkan

dokpri
dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan