Mohon tunggu...
Meirri Alfianto
Meirri Alfianto Mohon Tunggu... Insinyur - Seorang Ayah yang memaknai hidup adalah kesempatan untuk berbagi

Ajining diri dumunung aneng lathi (kualitas diri seseorang tercermin melalui ucapannya). Saya orang teknik yang cinta dengan dunia literasi

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Cetak Kemenangan Beruntun, Arsenal Clean Sheet Lagi

19 September 2021   08:00 Diperbarui: 19 September 2021   08:02 206 42 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cetak Kemenangan Beruntun, Arsenal Clean Sheet Lagi
Para pemain Arsenal merayakan gol ke gawang Burnley. Gambar: Reuters via okezone

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta tampaknya mulai bisa tersenyum lebar setelah tim asuhannya kembali berhasil mencetak kemenangan dalam lanjutan pertandingan Liga Inggris pekan kelima. Kemenangan kali ini didapat atas tuan rumah Burnley. Laga yang dilangsungkan di stadion Turf Moor Sabtu (18/09) itu berakhir untuk kemenangan The Gunners dengan skor 1-0. Kemenangan tipis ini sudah cukup untuk membuat Arsenal naik ke urutan 13 dalam tabel klasemen sementara liga.

Hasil ini untuk sementara membuat posisi Mikel Arteta aman setelah sebelumnya menghadapi berbagai kritikan tajam usai timnya selalu kalah di tiga pertandingan pembuka Premier League. Mereka kalah dari Brentford (0-2), Chelsea (0-2), dan Manchester City (0-5). Wajar saja bila kemudian Arteta menerima kritik. Di tiga pertandingan tersebut Arsenal seolah menjadi lumbung gol tanpa sanggup mencetak sebiji gol pun. Ironis, hingga mereka sempat terbenam didasar klasemen.

Ulasan singkat pertandingan melawan Burnley

Arsenal tampil dengan kekuatan terbaiknya. Pierre Emerick Aubameyang tampil sebagai ujung tombak ditopang oleh tiga trisula muda Bukayo Saka, Emile Smith Rowe, dan Nicolas Pepe. Sementara Burnley tampil dengan formasi ofensif 4-4-2 mengandalkan Ashley Barnes dan Chris Wood di lini depan.

Pertandingan sendiri berjalan cukup seimbang ditandai dengan ball possesion 45-55 persen dengan Arsenal sedikit lebih banyak menguasai bola. Tembakan mengarah ke gawang pun 4 banding 3 dengan keunggulan Burnley. Gelandang Arsenal, Martin Odegaard akhirnya menjadi pembeda setelah sepakan bola matinya ke sisi pojok kiri atas gawang Nick Pope tak mampu dibendung. Tendangan bebas ini didapat setelah Bukayo Saka dilanggar oleh Ashley Westwood di depan kotak penalti Burnley.

Setelahnya, jual beli serangan terjadi. Tidak ada gol yang tercipta lagi. Arsenal pun membawa pulang tiga poin dari lawatannya ke markas Burnley.

Kemenangan dan clean sheet kedua The Gunners

Kemenangan atas Burnley merupakan kemenangan kedua secara beruntun Arsenal di pentas Premier league musim ini usai pekan lalu mereka berhasil mempecundangi Norwich City juga dengan skor identik 1-0. Catatan ini sekaligus menjadi sangat penting karena untuk kedua kalinya pula Arsenal mencatatkan clean sheet alias tidak kebobolan. Hal ini menandakan bahwa pertahanan mereka telah membaik usai jadi bulan-bulanan di tiga pertandingan sebelumnya.

Masuknya tiga pemain baru dalam starting line up nampaknya sungguh memberikan efek besar bagi sektor pertahanan. Ketiganya adalah Ben White, Gabriel Magalhaes, dan Takehiro Tomiyasu. Sebelumnya ketiganya belum tampil. Ben White diketahui sempat terpapar virus covid-19. Gabriel Magalhaes cedera. Sementara bek sayap asal Jepang, Takehiro Tomiyasu memang baru bergabung dari Bologna.

Kredit khusus untuk kiper Aaron Romsdale

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan