Mohon tunggu...
Meirri Alfianto
Meirri Alfianto Mohon Tunggu... Seorang Ayah yang memaknai hidup adalah kesempatan untuk berbagi

Ajining diri dumunung aneng lathi (kualitas diri seseorang tercermin melalui ucapannya). Orang Teknik yang jatuh cinta dengan sastra adalah saya

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Segera Cuci Kendaraan Anda Setelah Kehujanan atau Melewati Banjir, Ini Alasannya

26 Februari 2021   14:33 Diperbarui: 28 Februari 2021   09:11 674 60 15 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Segera Cuci Kendaraan Anda Setelah Kehujanan atau Melewati Banjir, Ini Alasannya
Ilustrasi berkendara disaat hujan. Sumber gambar: kompas.com

Akhir-akhir ini intensitas hujan semakin tinggi. Maklum, bulan Februari biasanya curah hujan mencapai titik tertinggi. Maka sering terjadi hujan deras. Tidak hanya hujan, tetapi juga terjadi banjir di beberapa daerah. Seperti di Tangerang yang pernah saya angkat juga kedalam artikel.

Nah, bagi anda yang memiliki kendaraan baik mobil maupun motor, anda mungkin jadi lebih sibuk perihal mencuci kendaraan. Alasannya karena kendaraan jadi sering kotor akibat kehujanan ataupun karena melewati genangan.

Bagi yang malas cuci mencuci, hmmm...biar saya tebak, kendaraan anda pasti penuh bercak kotoran. Apalagi kalau kendaraan anda berwarna putih. Sudah pasti kotorannya akan tampak nyata. Bahasa gaulnya, "Jorok Lu Bro!"

Perawatan kendaraan dimusim hujan itu butuh perhatian ekstra. Butuh perawatan lebih intens dari pemilik kendaraan.

Kalau anda adalah orang yang rajin mencuci kendaraan berarti anda sudah benar. Kendaraan anda aman. Mengapa saya katakan aman? Karena mencuci kendaraan setelah terkena hujan atau setelah melewati genangan itu sangat penting. Melansir pernyataan dari kompas.com, ada beberapa alasan penting dibalik perlunya anda segera mencuci kendaraan.

1. Menjaga komponen dari kerusakan

Air hujan atau lumpur itu mengandung zat asam. Ketika menempel pada bagian kendaraan apalagi mesin hingga waktu yang lama, otomatis akan mengering. Setelah kering, akan susah dibersihkan. Apalagi jika kemudian menyebabkan karat. Akan sangat mungkin mengurangi performa mesin.

2. Menjaga kendaraan dalam keadaan bersih

Sudah barang tentu mobil dalam keadaan bersih itu lebih enak dipandang daripada mobil kotor. Barangkali kita sendiri risih bila melihat kotoran mobil disana-sini. Untuk poin ini saya pikir tak perlu saya jelaskan lebih panjang lagi ya...

3. Bila kotoran menempel pada kaca akan menyebabkan jamur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN