Mohon tunggu...
Al Fattah Ahmad
Al Fattah Ahmad Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta

Gemar jalan jalan

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Gunung Prau via Dieng: Nanjak Minimal View Maksimal

28 April 2024   18:02 Diperbarui: 28 April 2024   18:21 83
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagi para pendaki, pasti sudah tidak asing lagi dengan gunung yang terletak di Dieng ini. Gunung Prau adalah gunung tertinggi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, yang  merupakan batas antara empat kabupaten yaitu Batang, Kendal, Temanggung, dan Wonosobo. 

Gunung Prau memiliki ketinggian puncak 2590 MDPL . Pendakian ke Gunung Prau umumnya dapat ditempuh melalui beberapa jalur seperti Patak Banteng, Dieng, Igimranak. 

Pada kesempatan kali ini, pada tanggal 18 April 2024, sekadar informasi, pendakian yang saya lalui kali ini penentuan waktunya sangatlah dadakan dan tidak ada pikiran sebelumnya jika ingin mendaki gunung. 

Semua ini berawal dari salah satu teman kampus saya yaitu Khairy bertanya kepada saya terkait bagaimana cara booking pendakian Gunung Merbabu, kemudian saya menjawab dan memberi petunjuk terkait bagaimana cara booking pendakian Gunung Merbabu karena sebelumnya saya sendiri memang sudah pernah mendaki Gunung Merbabu melalui jalur Selo. Singkat cerita Khairy ternyata batal untuk mendaki gunung karena temannya tidak bisa untuk ikut.

Entah apa yang saya pikirkan saat itu, tiba-tiba terlintas di pikiran saya untuk mengajak Khairy yang tadinya batal untuk naik gunung ini saya ajak untuk mendaki Gunung Prau. 

Saat saya mengajak Khairy tanpa basa basi Khairy pun langsung menyetujui ajakan saya dan langsung mencari peralatan untuk dia sewa. Pada jam 22.00 saya dan Khairy pun berkumpul dirumah saya sekaligus mengemasi barang barang yang diperlukan untuk pergi ke kawasan Dieng

 Jam 22.30 akhirnya saya dan Khairy berangkat dari Yogyakarta menuju Dieng melalui jalur Jalan Magelang. Perjalanan ditempuh selama kurang lebih tiga jam kurang, kondisi lalu lintas saat perjalanan juga ramai lancar saat di Jalan Magelang namun, saat memasuki wilayah Temanggung sampai Wonosobo, benar-benar hanya saya dan Khairy yang berada di jalan, tidak ada kendaraan sama sekali saat saya berada di daerah tersebut. 

Setelah kurang lebih dua setengah jam perjalanan akhirnya saya dan Khairy sampai di Kawasan Dataran Tinggi Dieng, jalan yang kami lalui bisa dibilang sangat ekstrem karena selalu menanjak dan tidak ada penerangan sama sekali di jalan tersebut, beruntung kami bisa sampai di gapura selamat datang di Dieng.

Saat sampai di Dieng perjalanan menuju Basecamp Prau via Dieng hanya ditempuh dengan waktu yang cukup singkat yaitu sekitar dua puluh menit. Sesampai di basecamp Prau via Dieng saya memakirkan motor dan langsung menuju bagian registrasi agar setelah istirahat nanti saya dan Khairy dapat langsung tracking ke Gunung Prau. Biaya registrasi sekaligus asuransi untuk mendaki Gunung Prau jalur Dieng ini per orang dikenakan biaya sebesar 35.000. 

Setelah selesai membayar registrasi saya dan Khairy diberikan formulir pengisian data identitas dan barang bawaan apa saja yang kita bawa untuk naik keatas, hal ini dilakukan supaya penjaga basecamp mampu mengontrol dan melihat barang bawaan kita apakah layak untuk mendaki gunung tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun