Mohon tunggu...
Alfatah Fajar Noerrohman
Alfatah Fajar Noerrohman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 20107030142

Life is short!

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Ekonomi Sulit, Bisnis Online Jadi Solusi di Masa Pandemi

30 Juni 2021   18:02 Diperbarui: 30 Juni 2021   18:10 112 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ekonomi Sulit, Bisnis Online Jadi Solusi di Masa Pandemi
Pemilik Toko, Ahmad Nurfian, sedang menunjukkan produknya (Dokpri)

Mira Leather Gold Kerajinan Kulit, adalah sebuah usaha kerajinan kulit yang didirikan oleh Ahmad Nurfian (52) sejak 1994. Usaha berbentuk sebuah toko ini bertempat di Kecamatan Berbah, Sleman, Yogyakarta. 

Nama “Mira” sendiri, diambil dari nama anak sulungnya. Nurfian bukanlah warga asli Yogyakarta, Ia merantau dari tanah kelahirannya di Sumatera Selatan. Setelah menempuh berbagai pekerjaan yang ada untuk menghidupi kehidupannya selama merantau, Ia pun akhirnya tertarik untuk membuka usaha kerajinan kulit ini.

“Awalnya saya bekerja di pabrik kulit. Kalau tidak salah itu sekitar tahun 1989. Setelah dapat berbagai pengalaman di sana, saya ada rasa keinginan untuk mandiri. Kemudian di tahun 1994 saya coba untuk buka usaha sendiri.”

Dalam perjalanannya, awalnya Nurfian berpindah-pindah dalam membuka tokonya. Berawal dari menyewa kontrakan, dan kini Ia membuka tokonya di rumahnya sendiri. Mira Leather Gold Kerajinan Kulit menyediakan berbagai macam kerajinan, mulai dari tas, jaket, dompet, ikat pinggang, topi, dan berbagai kerajinan kulit lainnya. 

Semua produk di tokonya terbuat dari kulit asli. Diantaranya dari kulit sapi, domba, dan ikan pari-pari. Harga yang dipatok untuk setiap produknya pun bervariasi. Produk-produk tersebut mempunyai kisaran harga mulai dari dari Rp. 50.000,00 hingga Rp.1.500.000,00.

Beberapa produk di Mira Leather Gold Kerajinan Kulit (Dokpri)
Beberapa produk di Mira Leather Gold Kerajinan Kulit (Dokpri)

Produk unggulan di toko ini ialah jaket kulitnya. Berbagai jenis jaket kulit mulai dari jaket pria, wanita, bahkan anak-anak pun tersedia. Konsumen yang datang juga dapat melakukan pre-order atau memesan desain kerajinan sesuai keinginan sendiri. Proses pemesanan biasanya memakan waktu kurang lebih selama 1-2 minggu, tergantung pesanan.

“Di sini Jaket yang paling laris. Orang yang datang kesini awalnya akan melihat contoh-contoh jaket yang sudah jadi. Selanjutnya, mereka akan langsung membeli produk yang sudah jadi, atau akan pesan dengan desain, ukuran, dan warna yang diinginkan.”

Beberapa produk di Mira Leather Gold Kerajinan Kulit (Dokpri)
Beberapa produk di Mira Leather Gold Kerajinan Kulit (Dokpri)

Dengan rata-rata omzet yang terlihat cukup menjanjikan dalam satu transaksi produknya, menurutnya hal tersebut bukanlah hasil yang tergolong besar. Menurut Nurfian, dari produk-produk yang cukup bervariasi ini, tidak begitu menarik banyak minat bagi konsumen umum. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN