Mohon tunggu...
Alfarabi Maulana
Alfarabi Maulana Mohon Tunggu... Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN yang Insyaallah jadi UIN

Asal Cirebon, tapi daerah Sunda. Suka kebebasan dan kesegaran. Suka juga menerapkan kaidah bahasa di dalam kehidupan berbahasa, khususnya ketika bercakap lewat daring atau membuat status di media sosial. Suka juga sama dia.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Menulis Bisa Jadi Cara Kita Menghargai Jasa Pahlawan?

19 November 2020   20:10 Diperbarui: 19 November 2020   20:12 19 8 1 Mohon Tunggu...

Yap. Bisa banget. 

Menulis adalah salah satu kegiatan produktif yang cukup mudah dilakukan. Dengan dukungan teknologi yang serba canggih dan praktis, sudah tidak aneh lagi jika kegiatan menulis bukan lagi barang yang mewah.

Menulis juga menjadi istilah yang lebih luas lagi di era ini. Menulis tidak harus menjadi kegiatan yang panjang dan melelahkan. Menulis status di media sosial pun hakikatnya merupakan kegiatan yang setara dengan yang dilakukan para kompasianer di sini. Hanya saja ruang lingkupnya lebih kecil dengan pembacanya yang merupakan teman-teman terdekat yang satu kontak dengan kita.

Menulis sendiri adalah salah satu kebebasan dan kemerdekaan yang diidam-idamkan oleh para pahlawan yang dahulu gugur. Oleh karena itu, kita juga bisa melakukan hal sebaliknya. Kita menuliskan pikiran-pikiran yang bermanfaat untuk membangun negeri yang masyarakatnya berperadaban. 

Tulisan adalah salah satu produk pengetahuan yang akan terus awet terjaga. 

Ada sebuah kalimat tentang menulis yang sangat saya suka. 

Sebaik-baik tulisan adalah yang dibaca dan bermanfaat bagi pembaca.

Entah kata-kata siapa itu, tapi saya mendengarnya dari teman. Sekilas terasa aneh bagi saya. Tetapi pada saat yang sama, saya juga mengerti bahwa hal yang ingin disampaikan adalah tulisan itu ditulis untuk dibaca. Entah oleh sendiri, ataupun khalayak umum. Tulisan yang baik juga harus bermanfaat. Entah bagi diri sendiri, maupun orang lain.

Dengan kata lain, salah satu elemen yang diperlukan bagi penulis adalah wadah yang bisa menampung tulisannya. Sebenarnya banyak wadah yang bisa kita pilih untuk menulis, seperti bloger, wordpress, sampai si oren wattpad (bagi yang suka menulis sastra). Akan tetapi saya cukup nyaman menulis di kompasiana, karena platform ini punya komunitas yang baik dan, seperti yang pernah saya sebutkan, ramah bagi para pemula.

Banyak kawan-kawan sesama penulis yang, bahkan poinnya sudah sangat tinggi, tidak pamrih dan mau membaca artikel yang seorang pemula seperti saya sekalipun. Hal itu menjadi penyemangat bagi saya untuk menuliskan konten-konten menarik yang bisa menjadi manfaat dan inspirasi di kehidupan nyata.

Dengan menuliskan hal-hal yang bermanfaat, saya yakin bisa menjadi apresiasi yang besar atas kemerdekaan yang para pahlawan terdahulu perjuangkan dengan segenap jiwa dan raga. Kita pun berharap dapat menjadi pahlawan lewat tulisan-tulisan ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x