Mohon tunggu...
Alfain Aknaf Rifaldo
Alfain Aknaf Rifaldo Mohon Tunggu... Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta_20107030030

Hanya mas mas biasa yang tidak kuat mengonsumsi kopi tanpa air Instagram : @aaknafr

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Yuk Ngabuburit di Rumah Sambil Nonton Anime!

27 April 2021   04:26 Diperbarui: 27 April 2021   04:36 985 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yuk Ngabuburit di Rumah Sambil Nonton Anime!
Sumber : storifynews.com

Tidak terasa bulan suci Ramadlan telah hampir separuh jalan. Walau Ramadlan kali ini terasa sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, namun ada satu hal yang pasti ada di bulan Ramadlan selain buka puasa, sahur dan tarawih. Yap, itulah ngabuburit.

Dilansir dari megapolitan.kompas.com, istilah ngabuburit dapat ditemukan dalam bahasa Sunda dan berasal dari kalimat 'ngalantung ngadagoan burit'. Kalimat tersebut mudahnya bisa diartikan sebagai 'bersantai sambil menunggu waktu sore.

Ngabuburit sendiri seperti sudah menjadi tradisi di Indonesia. Rasanya kurang saja jika sore hari kita tidak melakukan suatu kegiatan tertentu untuk menunggu waktu berbuka. Sebab, diakui ataupun tidak, semakin kita menunggu waktu berbuka, maka semakin lama rasanya waktu berbuka datang. Ngabuburit jadi semacam solusi untuk mengalihkan pikiran kita agar tidak jenuh menunggu waktu berbuka tersebut.

Ada banyak sekali kegiatan ngabuburit yang bisa kita lakukan, mulai dari sekedar berjalan-jalan sembari mencari takjil, mencuci kendaraan pribadi, menonton perlombaan dan lain sebagainya. Ngabuburit bagi Sebagian orang identic dengan menghabiskan waktu di luar rumah. Namun saya menolak mengamini hal tersebut. Bagi saya, ngabuburit di rumah saja sudah lebih dari cukup.

Mungkin akan ada banyak pertanyaan, seperti apa asyiknya ngabuburit di rumah, kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di rumah dan lainnya. Pertanyaan tersebut tentu memiliki beragam jawaban, tergantung siapa yang menjawabnya. Bagi saya, ada banyak alasan mengapa saya lebih memilih ngabuburit di rumah ketimbang di luar.

Pertama, ngabuburit di rumah lebih hemat biaya. Ini menjadi alasan utama saya karena menurut pengamatan saya sendiri, ngabuburit di luar rumah bisa sangat menguras kantong. Coba saja hitung sendiri, mulai dari bensin hingga semua yang hendak kita beli. Apalagi ketika bulan Ramadlan ada banyak sekali orang berjualan makanan dan kita sebagai pembeli seperti merasa harus membeli semuanya, tak peduli entah akan dihabiskan atau tidak.

Kedua, ngabuburit di rumah lebih hemat tenaga. Bagi manusia lemah seperti saya, menahan lapar dan haus selama seharian sangat mempengaruhi ketangkasan dan tenaga saya. Itulah sebabnya saya sangat malas ngabuburit di luar rumah. Badan sudah cukup lelah akibat tidak makan, minum dan beraktifitas sebelumnya, masih harus keluar tenaga lagi untuk sekedar ngabuburit yang sebetulnya tidak begitu krusial.

Tubuh yang sudah lelah itu baiknya beristirahat saja, tidak usah muluk-muluk hendak ngabuburit yang mengeluarkan banyak waktu dan tenaga tersebut. Toh ngabuburit juga bisa dilakukan di rumah saja dan bisa dilakukan oleh siapapun, asalkan ada kemauan.

"Memangnya, ngabuburit di rumah ngapain aja sih?"

Tentu ada banyak. Ada sangat banyak sekali kegiatan ngabuburit yang bisa dilakukan di rumah, seperti membaca kitab suci, membaca buku, melukis dan lain sebagainya. Tapi dari banyaknya opsi tersebut, pilihan saya jatuh pada satu hal yang sebetulnya sudah saya lakoni sebelum bulan puasa tiba, yakni menonton anime.

Saya yakin semua yang membaca artikel ini pasti tahu apa itu anime. Terlepas dari suka atau tidaknya, di zaman sekarang rasanya sangat sulit menemukan manusia yang tidak tahu apa itu anime. Namun bagi yang benar-benar belum tahu, akan saya jelaskan sedikit apa itu anime.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x