Mohon tunggu...
Alexandra Felicia
Alexandra Felicia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya merupakan seorang mahasiswa arsitektur yang memiliki hobi di bidang seni khususnya seni rupa dan musik. Selain itu, saya memiliki ketertarikan dalam gaya hidup, buku, dan juga teknologi. Saya merupakan pribadi yang antusias untuk mengetahui dan belajar hal baru dan memiliki motivasi tinggi untuk mengembangkan diri dan sesama.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Keberagaman dari Waktu ke Waktu

8 September 2022   15:37 Diperbarui: 8 September 2022   21:27 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Tulisan ini merupakan rencana karya dengan tema "Keberagaman" 

UNPAR - UNPARkeberagaman

Output karya yang ingin saya buat adalah lukisan. 

Referensi karya saya datang dari video Swarakala - Mime Wanggi dari video ini saya mendapatkan ide untuk menggabungkan berbagai makna keberagaman, tidak hanya keberagaman sebelum pandemi, namun sesudahnya, dan juga banyak keberagaman lain yang mungkin terjadi atau bahkan ada di dekat kita.

Selain itu juga ada referensi lukisan yaitu gambar terlampir yang dikutip melalui Pinterest

Lukisan ini menjadi referensi dari segi layout, saya berencana untuk mengganti tokoh yang ada dengan banyaknya tokoh terkait etnis, agama, tradisi, adat. Selain itu, orang-orang yang beraktifitas online dan offline, keluarga dengan berbagai keragamannya, dan masih banyak lagi


Tema yang saya pilih adalah mengenai keberagaman dari waktu ke waktu karena menurut saya keberagaman itu selalu berubah sesuai konteksnya. Misalnya dalam konteks Indonesia, keberagaman adalah mengenai perbedaan agama, etnis, tradisi, bahasa, dan masih banyak lagi. Namun, setelah pandemi keberagaman juga muncul saat belajar dan beraktivitas secara daring, seperti ada teman yang mengalami kendala sinyal, suara bising, dan banyak lagi. Di sisi lain, keberagaman juga bisa datang di dalam keluarga, misalnya seperti orang tua yang bekerja, adik yang masih kecil, anak tengah yang sedang sekolah SMP, dan juga anak sulung yang sedang kuliah. Dalam setiap contoh keberagaman ada perbedaan, dan diperlukan saling menghargai, menerima, dan memahami dalam menjaga dan saling melengkapi keberagaman itu. Mungkin, di masa depan akan muncul keberagaman lainnya, seperti keberagaman ide, teknologi, bahasa dan banyak lagi. Maka dari itu, karya ini dibuat dengan harapan keberagaman dapat dimaknai bukan secara sempit namun secara luas dan terus dijaga dari waktu dan waktu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun