Mohon tunggu...
Alexander Sugiharto
Alexander Sugiharto Mohon Tunggu... Pengacara - Chairman and Founder dari Indonesian Legal Study for Crypto Asset and Blockchain (IndoCryptoLaw)

Penulis dari Buku berjudul Blockchain dan Cryptocurrency: Dalam Perspektif Hukum di Indonesia dan Dunia (2020) dan Buku berjudul NFT dan Metaverse: Blockchain, Dunia Digital dan Regulasi (2022). (buku tersedia di google playbook)

Selanjutnya

Tutup

NFT Pilihan

Stop Bermain NFT Sebelum Pahami Hal ini

8 Februari 2022   12:13 Diperbarui: 13 April 2022   10:51 473 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Understanding Security Issues in the the NFT Ecosystem, karya Dipanjan Das, Priyanka Bose, Christhoper Kruegel, Giovanni Vigna

NFT saat ini sedang marak dibicarakan di media sosial dan portal berita di Indonesia. Fenomena Ghozali Effect kini tengah merambah anak-anak muda Indonesia untuk membuat dan menjual NFT pada sejumlah market place NFT seperti OpenSea, Rarible dan SuperRare. 

Semenjak saat itu, platform market place NFT OpenSea diserbu oleh para kaum FOMO (Fear Of Missing Out) yang melihat OpenSea tak ubahnya seperti  platform market place biasa. 

Tidak sedikit kita jumpai,  gambar-gambar seperti baju anak, tas perempuan dan makanan ikut mewarnai platform market place OpenSea. Hal ini juga memunculkan anggapan bahwa masyarakat kita sangat mudah terpengaruh dengan pemberitaan tanpa mengetahui lebih dulu maksud dan tujuan dari platform market place NFT tersebut dibuat, bahkan dari sebagain dari mereka juga belum mengetahui apa itu NFT. 

Faktor edukasi dan literasi yang kurang juga memegang peran penting dalam pemanfaatan NFT tersebut. Mereka yang hanya sekedar ikut-ikutan tanpa mengetahui tujuan dan maksud akan terjebak ke dalam perangkap oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momen tersebut.

Literasi Tentang NFT di Indonesia

Kini telah hadir buku berjudul NFT & Metaverse: Blockchain, Dunia Virtual & Regulasi yang sekiranya dapat memberikan informasi dan edukasi tentang NFT melalui pendekatan ilmiah yang dapat memberikan gambaran secara lengkap terkait NFT. 

Dalam buku tersebut dibahas tentang sejarah NFT, teknologi NFT, maksud dan tujuan NFT, implementasinya sampai dengan regulasi dan kebijakan tentang NFT. Buku ini dapat menjadi referensi yang menarik bagi siapa saja yang ingin belajar lebih jauh tentang NFT. 

Di dalam buku tersebut juga dijelaskan tentang ekosistem NFT, bagaimana NFT tersebut bekerja dan apa saja pemanfaatanya di dunia nyata selain diperdagangkan di platform market place NFT. 

Penggambaran ekosistem NFT dapat ditemui pada ekosistem jaringan Blockchain Ethereum. NFT yang diciptakan sebagai Non Fungible Token merupakan perwujudan kepemilikan atas aset digital layaknya sertifikat kepemilikan pada dunia nyata. 

Seperti halnya sertifikat kepemilikan tanah pada dunia nyata, NFT dapat menjadi dokumentasi digital yang dapat menentukan kepemilikan suatu benda digital di dunia maya. Agar lebih jelasnya lagi, anda dapat membacanya pada buku NFT & Metaverse: Blockchain, Dunia Virtual & Regulasi yang kini dapat diunduh di aplikasi googleplay book untuk versi ebooknya.

Ekosistem Market Place NFT yang  Penting untuk Diketahui

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten NFT Selengkapnya
Lihat NFT Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan