Mohon tunggu...
Alek Kurniawan
Alek Kurniawan Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Seorang penulis yang bercita-cita menapakkan kaki di lima benua.

Selanjutnya

Tutup

Digital

4 Strategi Jitu Menjaga Keamanan Jaringan Internet di Rumah

17 Februari 2021   08:11 Diperbarui: 17 Februari 2021   12:00 153 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
4 Strategi Jitu Menjaga Keamanan Jaringan Internet di Rumah
Jaringan internet di rumah harus dilengkapi dengan cyber security. (Foto: iStockPhoto)

Miliaran orang di seluruh dunia secara aktif berpartisipasi dalam ekosistem digital menggunakan perangkat pintar mereka setiap harinya.

Dengan jaringan internet, kita dapat menjalin komunikasi dengan mudah melewati zona waktu dan wilayah yang berbeda. Selain itu, kita juga bisa belajar, bekerja, dan bersosialisasi dengan praktis kapan saja.

Namun, banyak perangkat pintar, seperti asisten virtual, bel pintu pintar dengan kamera IP, termostat pintar, dan bahkan TV pintar belum dirancang dengan mempertimbangkan tingkat keamanan tertinggi.

Alhasil, perangkat-perangkat tersebut kerap diicar penjahat dunia maya (cyber attack). Setelah diretas, data seperti kredensial perbankan, kebiasaan menonton, dan riwayat penelusuran pun dapat mereka miliki. Cyber attack juga menimbulkan ancaman ransomware yang membahayakan.

Oleh karena itu, Anda harus selalu menjaga jaringan internet di rumah untuk mengurangi risiko serangan dunia maya. Caranya, lakukan empat tips berikut.

1. Aktifkan pembaruan otomatis

Sebagian besar perangkat rumah pintar menawarkan opsi pembaruan otomatis yang dapat diaktifkan pengguna. Saat pembaruan otomatis ini diaktifkan, Anda tak perlu repot mengecek setiap terdapat notifikasi.

Perangkat yang menerima pembaruan secara otomatis akan menerima manfaat keamanan yang berkelanjutan.

2. Ubah kredensial default router

Ketika Anda baru pertama kali membeli modem atau router, biasanya Anda akan diminta untuk menyetel kata sandi baru. Lakukan perubahan kredensial default itu. Sebab, hal ini berguna untuk meningkatkan keamanan.

Jika kunci atau kata sandi tidak pernah diubah, bisa saja ada yang mengetahui kata sandi awal dan mereka dapat mengakses router dengan mudah. Hal ini tentu memungkinkan mereka dapat leluasa mencuri segala data yang Anda miliki.

Selain mengubah kredensial router WiFi, akses jarak jauh juga harus dinonaktifkan. Ini akan mengurangi kemungkinan serangan dari penyusup dari luar rumah.

3. Setel ulang nama SSID

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan