Mohon tunggu...
Aldy Santo Hegiarto
Aldy Santo Hegiarto Mohon Tunggu... Dosen - Lecture and Enterpreneur

Hobi yang saya tekuni adalah mengajar, menulis dan membaca saya adalah orang yg fleksibel dan mudah bergaul dan berkomunikasi dengan banyak orang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penerapan Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

17 Mei 2024   16:25 Diperbarui: 17 Mei 2024   16:27 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penerapan Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan


Pemasaran tidak luput dengan strategi, strategi berperan penting dalam suatu bisnis yamg mana peranan strategi menjadi tolak ukur keberhasilannya suatu perusahaan. Oleh karena itu para pembisnis di sarankan mempunyai strategi yang menunjang dalam menjalankan usahanya seperti strategi pemasaran.

Strategi pemasaran yaitu kegiatan memasarkan suatu produk, baik itu barang maupun jasa dengan menggunakan taktik khusus atau dengan rencana tertentu sehingga menjadikan omzet penjualan lebih tinggi. Singkatnya strategi pemasaran itu suatu rangkaian perusahaan dalam upaya mencapai tujuan tertentu. Menurut Tia Artika. 2018. Dari Exel M F Tampi 2023. Strategi pemasaran adalah logika pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan konsumen.

Banyak pakar mengatakan bahwa kepuasan pelanggan adalah tujuan utama dalam konsep pemasaran. Setiap perusahaan mempunyai strategi masing-masing dalam menjalankan pemasaran. Pada akhirnya pemasaran tetap berfokus pada satu tujuan yaitu kepuasan pelanggan Dalam strategi pemasaran, marketing mix diharap dapat mengidentifikasi target pasar yang ideal, sehinggan dapat menimbulkan kepuasan pelanggan.

Kepuasan pelanggan adalah suatu persepsi, tanggapan atau perasaan yang timbul karena mendapatkan produk atau jasa yang sesuai dengan harapan mereka. Kepuasan pelanggan juga berperan penting dalam sebuah perusahaan yang mana peranan kepuasan pelanggan dapat menjadi daya tarik bagi konsumen. Mempunyai produk atau jasa yang berkualitas akan menjadi incara para konsumen, karena semakin baik kualitas produk atau jasa maka berperan penting dalam menarik konsumen yang berpeluang menciptakan kepuasan pelanggan dan berakhir pada loyalitas pelanggan. Oleh karena itu strategi marketing mix diharap dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.

Strategi marketing mix adalah penggabungan strategi antara elemen-elemen seperti produk, harga, promosi, dan tempat. Menurut Philip Kotler (2019:19) dari Siti N.W. Ningsih 2021. Bauran pemasaran adalah sekumpulan alat pemasaran 4p (product, price, promotion, place) yang digunakan perusahaan dalam rangka mencapai tujuan pemasaran sesui dengan pasar sasaran yang telah ditetapkan.

  • Penerapan Strategi Marketing Mix  

Penerapan strategi marketing mix tidak hanya untuk menghasilkan omzet yang besar, marketing mix dirasa mampu meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan meningkatnya kepuasan pelanggan maka perusahaan akan di untungkan dengan pelanggan yang royal yang mana perusahaan akan menghasilkan omzet yang lebih besar.

  • Produk

Produk adalah sebuah barang atau jasa yang di sediakan oleh perusahaan untuk konsumen. Produk juga dibuat sesuai dengan kebutuhan pasar yang mana hal tersebut sangat penting dalam sebuah perusahaan. Produk menjadi elemen penting dalam peningkatan kepuasan pelanggan, dimana pelanggan akan merasa puas akan barang atau jasa yang mereka dapatkan sesuai dengan kebutuhan dan harapan mereka.

  • Harga

Harga adalah nilai yang ditentukan oleh perusahaan untuk suatu produk. Harga juga berperan penting dalam sebuah transaksi dalam bentuk rupiah guna menjadi alat tukar, penerapan harga juga menjadi peranan penting dalam strategi bersaing. Harga juga salah satu indikator penting dalam kepuasan pelanggan, pelanggan akan merasa puas apabila mendapatkan harga yang murah dibandingkan dengan toko atau perusahaan lainnya. Harga juga sering kali dikaitkan dengan kualitas produk atau jasa, para konsumen berfikir bahwa semakin mahal harga yang ditawarkan maka semakin tinggi juga kualitas produk atau layanan yang mereka dapatkan.

  • Promosi

Promosi adalah suatu kegiatan perusahaan dalam memperkenalkan usahanya berupa barang atau jasa. Perusahaan akan mempromosikan produknya semenarik mungkin agar para konsumen tergiur dengan produk yang ditawarkan. Promosi sering dianggap kurang penting dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, namun jangan salah kalo media promosi juga dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Media promosi yang tepat dapat memberikan informasi terkait produk, merk, maupun lokasi yang mana para konsumen akan mudah menemukan produk yang kita jual. Hal ini dapat membuat para para pelanggan merasa puas.

  • Tempat

Penentuan lokasi harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang, kesalahan pemilihan lokasi akan berakibat fatal terhadap perusahaan oleh karena itu strategi tempat sangat berpengaruh terhadap keberhasilah perushaan. Variabel tempat juga berperan penting dalam kepuasan pelanggan, yang mana tempat akan berkaitan dengan fasilitas-fasilitas yang ada. Peranan tempat mencakup berbagai hal, hari mulai dari penempatan yang strategis penentuan konsep, sampai dengan penataan dekorasi. Selain itu kelengkapan fasilitas seperti wifi, mushola, toilet, dan tempat parkir juga dapat  menjadi indikator kepuasan pelanggan.

Penulis : Ratna Nabila Ristiani, Mahasiswa Universitas Teknologi Digital (Digitech University)

Daftar Pustaka


Dwika, 2023. Memahami Marketing Mix Dan Praktik Penerapannya Untuk Bisnis Online. https://kiriminaja.com/blog/marketing-mix-definisi-konsep-dan-penerapannya

Exel Meyfrand Fransisco Tampi, Hendra N Tawas, Jane G Poluan. 2023. Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pada PT. Suluh Jaya Abadi. Volume 11. Nomor 3. Juli 2023, Hal. 126-137

Fawzi, G. H. Marissa dan lainya, 2022. Strategi Pemasaran Konsep, Teori Dan Implementasi. Banten : Pascal Books

Muchlisin Riadi, 2021. Kepuasan Konsumen (Pengertian, Aspek, Strategi dan Indikator) https://www.kajianpustaka.com/2021/01/kepuasan-konsumen.html

Ningsih N.W. Siti dan lainnya, 2021. Strategi Marketing Mix Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Cafe Jilly Coffee Surabaya). Volume IV Nomor 1,

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun