Mohon tunggu...
Aldo Saputra
Aldo Saputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sebatas Mahasiswa baru

Buat ngupload tugas dari dosen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pancasila sebagai Landasan Keutuhan NKRI

25 Oktober 2021   02:15 Diperbarui: 25 Oktober 2021   02:17 36 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pancasila sebagai dasar negara tidak menghapus perbedaan yang ada tetapi mengubahnya menjadi kesatuan yaitu satu semboyan empiris khas indonesia yang dinyatakan dalam "Bhinneka Tunggal Ika" yang berasal dari bahasa jawa kuno yang  berarti "Berbeda -- beda tetapi tetap satu jua. Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki beragam ras, suku, adat, dan agama didalamnya. 

Dengan keberagaman tersebut pasti banyak menimbulkan perbedaan. Perbedaan ini tidak langsung menyatu menjadi satu kesatuan. Indonesia kemudian menanggapi masalah yang terjadi ini dengan dengan menciptakan adanya NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai landasan dalam menciptakan suatu tempat dimana didalam nya terdapat setiap perbedaan.

Pancasila mampu mengatasi keberagaman dalam masyarakat indonesia dengan sifat tetap toleran atau menghormati dan menghargai perbedaan yang ada

Upaya yang dapat kita lakukan agar terciptanya keutuhan ialah harus Memiliki perasaan senasib antar sesama dengan yang lainnya bisa itu pribadi maupun kelompok , Kebangkitan nasional, Sumpah pemuda, dan Proklamasi kemerdekaan Indonesia serta adanya rasa Nasioanlisme yaitu perasaan satu sebagai suatu bangsa dan mempunyai rasa cinta terhadap bangsa dan tanah air tempat kelahiran.

 Pancasila sebagai landasan untuk menciptakan keutuhan dalam NKRI memang bukanlah suatu perkara yang mudah yang dapat di selesaikan hanya dalam jangka waktu yang sebentar. 

Sebab banyaknya hal yang harus dipertimbangkan dalam mengambil setiap keputusan yang ada apalagi jika keputusan itu menyangkut dengan masa depan bangsa dimana terdapat kehidupan banyak orang di dalamnya. 

Dengan adanya pancasila kita sebagai masyarakat diharap mampu menjadikan pancasila sebagai acuan dalam tindakan yang kita lakukan dikehidupan sehari - hari kita sesuai dengan asas dan nilai - nilai luhur pancasila.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan