Mohon tunggu...
Aldo Fautngilyanan
Aldo Fautngilyanan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar/Mahasiswa

Hobi bermain futsal, bernyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Geladi Hominisasi yang Berkesan

6 Oktober 2022   17:26 Diperbarui: 6 Oktober 2022   17:28 53 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Setelah diterima menjadi mahasiswa UNPAR sudah seharusnya kita sebagai mahasiswa mengikuti geladi hominisasi yang diselenggarakan untuk para mahasiswa. Setelah mengetahui informasi tersebut saya memutuskan untuk mengikuti geladi dengan melakukan pendaftaran yang diberikan secara online yang kebetulan saya dapat melalui kelas Bahasa Indonesia. 

Saat pendaftaran saya mendaftarkan diri untuk mengikuti geladi hominisasi sesi pertama pada tanggal 1 Oktober 2022, setelah mendaftarkan diri saya mendapati jika terdapat tugas pra geladi yang diberikan. Pada tugas pra geladi saya mengerjakan 2 tugas yang berkaitan dengan hidup berbangsa dan bernegara yaitu mendengarkan dan menonton video lagu Indonesia Raya 3 stanza dan melihat syair yang menarik kemudian menuliskan alasannya kenapa syair tersebut menarik, selanjutnya tugas yang kedua adalah memilih 1 dari 10 film dokumenter singkat kemudian memberikan alasan kenapa memilih film tersebut dan merefleksikan film yang sudah dipilih. 

Menurut saya ini sangat bermanfaat untuk memberikan pengetahuan tentang adat dan budaya bangsa Indonesia dan menguatkan rasa cinta terhadapat negara Indonesia. 

Setelah menyelesaikan tugas pra geladi saya diberikan link zoom geladi hominisasi yang diadakan, pada saat geladi saya sangat banyak mendapat pelajaran dan pengalaman baru yang sangat berkesan, saat geladi pun saya berkontribusi dengan kelompok untuk mempresentasikan tema yang sudah ditentukan dan dikembangkan sebelumnya. Hal itu sangat menyenangkan dan memberikan ilmu dan pengalaman yang baru. 

Setelah selesai mengikuti geladi hominisasi saya diberikan tugas pasca geladi dengan deadline yang cukup lama, tugas itu adalah membuat tulisan saya ini. Lumayan memikirkan waktu untuk saya menulis ini tetapi tugas ini juga sangat menyenangkan bila mengingat kembali pelajaran dan pengalaman yang sudah saya dapat pada saat geladi hominisasi.

Refleksi pengalaman terkait geladi hominisasi adalah Saya sebagai orang yang sulit untuk menjalin relasi dengan orang baru menjadi lebih terbuka dan mau berosialisasi dan bekerja sama dengan orang yang baru saya temui dalam kelompok. Pengalaman ini sangat berkesan bagi pribadi saya sendiri karena ini merupakan pengalaman baru yang menyenangkan. 

Sebagai warga negara Indonesia juga terkadang saya lupa mengenai adat dan budaya suku bangsa sendiri tetapi setelah mengikuti gladi hominisasi dari awal hingga akhir ini saya jadi ingin lebih mengenal dan mengetahui tentang budaya dan adat suku bangsa Indonesia ini. 

Sikap yang saya dapat ini juga sangat penting sebagai soft skill yang saya dapatkan untuk kedepannya menjadi warga negara yang berguna bagi lingkungan bermasyarakat dan bernegara. Sikap-sikap yang saya dapat selama geladi, saya yakin akan sangat berguna bagi diri saya untuk masa depan saya juga.

Setelah mengikuti geladi Hominisasi, mengapa perlu kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara? Menurut saya sendiri kemampuan menggunakan logika perlu karena saya sebagai manusia adalah mahkluk yang beralkal budi sehingga memiliki kemampuan untuk berpikir menggunakan logika dan juga melihat segala hal dengan logika juga bukan hanya dengan perasaan itu dikarenakan berpikir menggunakan logika membuat saya menjadi lebih tenang dan tidak hanyut dalam emosi juga bisa melihat permasalahan yang ada di negara Indonesia ini dan memberikan solusi sebagai warga negara dengan kepala yang dingin. 

Kemudian jelas jika kemampuan berbahasa sangat perlu sebagai warga negara Indonesia yang memiliki sangat banyak bahasa pula hal ini diperlukkan untuk berkomunikasi dengan baik juga melestarikan dan menjaga bahasa-bahasa daerah di negara ini.

Manfaat yang saya dapatkan setelah mengikuti geladi hominisasi ini adalah saya dapat menjadi pribadi yang lebih terbuka dan juga berani bekerja dalam kelompok juga memperoleh pengetahuan baru dan juga banyak pengalaman baru seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan