Mohon tunggu...
aldo fajar
aldo fajar Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Halo namaku Aldo salam kenal

Mahasiswa Universitas Jember - Manajemen FEB UNEJ

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN BTV 3 UNEJ Mengembangkan Digital Marketing pada UMKM Piranti

3 September 2021   02:00 Diperbarui: 3 September 2021   02:00 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata  (KKN) Back To Village -3 2021 Universitas Jember diterjunkan pada tanggal 11 Agustus – 9 September  2021. Dimana mahasiswa ditujukan untuk membantu kegiatan mayrakat dengan ilmu yang dimiliki untuk diaplikasikan dalam kegiatan masyrakat. 

Aldo Fajar menjadi mahasiswa yang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Back To Village 3 di Desa Sumbersari, Jember, Jawa Timur dengan membantu salah satu UMKM yang terdampak Covid -19 dengan memberikan pengembangan Digital Marketing. Dimana kegiatan kkn btv unej dilaksanakan di desa masing-masing mahasiswa dengan koordinasi yang sistematis menggunakan aplikasi berbasis web di https://sd.unej.ac.id

Desa Sumbersari berada pada Kecamatan Sumbersar Kabupaten Jember,Jawa Timur. Berada di wilayah Kota Administratif  Kabupaten Jember dengan luas wilayah 3128,76 Ha. Demografi jumlah penduduk di Kecamatan Sumbersari tahun 2010 menurut data profil kecamatan Sumbersari adalah 111.140 jiwa dan tersebar di tujuh kelurahan, antara lain pada  Kelurahan Sumbersari 24.346 jiwa. Kecamatan Sumbersari memiliki beberapa keluran didalamnya yaitu Kelurahan Wirolegi, Karangrejo, Kranjingan, Kebonsari, Tegalgede, Sumbersari, Antirogo. 

Desa Sumbersari adalah desa dengan banyak sekali aktifitas didalamnyaa , karena didesa Sumbersari berada pada daerah Kampus dan banyak instansi didalamnya. 

Beberapa masyarakat  memanfaatkan daerah di Sumbersari dengan berdagang dikarenakan berada di area kampus yang mana masyrakatnya menjadi salah satu yang cukup padat dari Desa lainnya di daerah Jember. Kepadatan penduduk pada Desa Sumbersari ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai potensi desapada bidang Ekonomi.

Kegiatan Mahasiswa  selama kkn di mox piranti yaitu membantu memberikan inovasi dan pengembangan usaha melalui digital marketing karena dijaman globalisasi saat ini teknologi semakin canggih dan jaringannya sangat luas bahkan orang dirumah saja sudah bisa berjualan apalagi saat pandemi covid-19 saat ini. 

Pengembangan digital marketing dengan  membuat sosial media berupa instagram dan e-commerce shopee karena letak lokasi Mox Piranti tersebut kurang strategis dan usaha tersebut baru dirintis,banyak orang yang masih belum mengenail produk dan merk Mox Piranti.

Tahapan pelaksanaan yang akan dijalankan meliputi:promosi,branding,pengaplikasian media sosial serta pemaparan media sosial.Tujuan ini digunakan upaya untuk melayani konsumen secara tak langsung agar owner dengan mudah melayani konsumen dengan baik dan benar guna meningkatkan permintaan konsumen di pasar.

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Pendampingan pembuatan media sosial berupa instagram dan aplikasi e-commerce shopee karena usaha Mox Piranti tersebut belum ada media sosialnya,jadi solusi yang tepat yaitu mempromosikan piranti piranti tersebut melalui via online karena pada perkembangan zaman teknologi semkakin canggih bahkan orang dirumah saja bisa menghasilkan uang dengan berjualan melalui media sosial.

Karena produk produknya sudah ada dan tidak handmade jadi solusi agar piranti tersebut laris yaitu tinggal main promosi saja apalagi lokasi Mox Piranti berada di daerah perumahan.

Setelah bikin akun media sosial instagram dan shopee tak lupa pula untuk membuat kelas kkn tentang pemaparan seperti apa itu shopee dan instagram,bagaiaman cara kerjanya,fitur-fitur yang ada di media sosial tersebut,pembuatan akun,serta keunggulan dari media tersebut.

Tak hanya pemaparan tetapi juga mengajarkan pengaplikasiannya seperti bagaiaman cara memposting produk di media sosial,mempromosikan di story IG,membuat deskripsi produk dengan kata kata menarik,pengeditan foto foto melalui aplikasi canva agar hasil sesuai dan membuat pelanggan tertarik.

Branding menjadi pengenal suatu merk produk, dimana mahasiswa  melakukan pendampingan pembuatan branding logo,bagaimana logo yang pas dan bertemakan piranti setelah itu mulai memasarkan produk tujuannya dengan menghasilkan sebuah foto produk yang baik akan menjadi daya tarik konsumen ketika produk telah di promosikan lewat IG dan Shopee selain itu produk yang kami buat akan dikenal oleh banyak orang secara luas, apalagi di masa pandemi ini kegiatan jual beli produk dilakukan secara online. Kemudian setelah melakukan pemasaran produk adalah evaluasi produk.

Evaluasinya adalah promosi produk. Melakukan promosi produk melalui media sosial  IG dan Whatsapp perlu lebih aktif tujuannya konsumen benar-benar mengenal produk yang kita jual.

Diharapkan kegiatan KKN BTV-3 2021 UNEJ membantu mengabdi kepada masyrakat khususnya kepada UMKM yang terdampak Covid-19. Dimana dengan ilmu yang disalurkan mahasiswa mampu memberikan peluang besar bagi perkembangan suatu usaha masyrakat kedepan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun