Mohon tunggu...
Aldila Rizky Aga
Aldila Rizky Aga Mohon Tunggu... Mahasiswa - Ilmu Pemerintahan (FISIP Undip 2018)

KKN TIM II UNDIP 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Tim II Undip Bersama Bappeda Berhasil Bawa Bendera Wonogiri Capai Posisi Teratas dalam Ajang IGA 2021

4 Agustus 2021   09:56 Diperbarui: 4 Agustus 2021   10:23 71 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Tim II Undip Bersama Bappeda Berhasil Bawa Bendera Wonogiri Capai Posisi Teratas dalam Ajang IGA 2021
Dok. Pribadi

Wonogiri (31/07/2021). Kolaborasi antara mahasiswa KKN Undip dan Bappeda Kabupaten Wonogiri telah berlangsung sejak tahun 2020. Di tahun 2021 ini adalah kali kedua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Wonogiri mengajak TIM KKN Undip untuk berkolaborasi dalam ajang Innovative Government Award (IGA) 2021. 

Teknik kolaborasi ini merupakan bentuk dari pemberdayaan dengan memberikan kesempatan generasi muda unggulan Kabupaten Wonogiri turut berpartisipasi dalam kepentingan daerah.

Innovative Government Award (IGA) merupakan kompetisi antar daerah dalam bentuk pengukuran indeks inovasi yang dimiliki oleh daerah, dimana hal tersebut telah diamanatkan kepada Kemendagri. 

Di lain sisi IGA juga dinyatakan sebagai bentuk penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Provinsi sebagai apresiasi atas inovasi daerah yang telah berhasil dilakukan oleh Pemerintah Daerah Provinsi, dan Kabupaten atau Kota. 

Maksud diadakannya Inonnovative Government Award (IGA) untuk mendorong daya saing positif antar Pemerintah Provinsi dan antar Pemerintah Kabupaten atau Kota dalam rangka peningkatan pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat.

 Dimana inovasi yang menjadi bagian dari penilaian yaitu berupa inovasi tata kelola pemerintah daerah, inovasi pelayanan publik dan inovasi daerah lainnya sesuai dengan bidang urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah. Inovasi tersebut baik menggunakan aplikasi, penggunaan teknologi ataupun manual.

IGA berlansung semenjak tanggal 29 Juni 2021 hingga akhir bulan Novermber 2021. Dimana time line pelaksanaannnya mulai dari pengisian indeks Inovasi melalui aplikasi Indeks Inovasi Litbang Kemendagri pada bulan Juni 2021 hingga 13 Agustus 2021. 

Kemudian pelaksanaan selanjutnya yaitu pengukuran indeks inovasi daerah dengan validasi dokumen digital di bulan Agustus sampai dengan September 2021 dilajutkan dengan Presentasi Kepala Daerah, Validasi Lapangan, Sidang tim penilai, hingga pada pengumuman pemenang dan penghargaan Inonnovative Government Award (IGA) sampai dengan bulan November 2021.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

Pada kegiatan ini, kolabosi yang dilakukan oleh lima mahasiswa KKN Universitas Diponegoro pada tahap pengisian Indeks Inovasi melalui aplikasi Indeks Inovasi Litbang Kemendagri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x