Mohon tunggu...
Aldentua S Ringo
Aldentua S Ringo Mohon Tunggu... Pembelajar Kehidupan

Penggiat baca tulis dan sosial. Penulis buku Pencerahan Tanpa Kegerahan

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

KLB Partai Demokrat Kisruh, Bakal Rusuh atau Menjadi Solusi?

5 Maret 2021   14:40 Diperbarui: 5 Maret 2021   14:43 219 17 2 Mohon Tunggu...

KLB Partai Demokrat Kisruh, Bakal Rusuh atau Menjadi Solusi?

Babak baru sudah dimulai lagi. Hari ini bakal digelar Kongres Luar Biasa Partai Demokrat di Sibilangit Deli Serdang. DPP PD yang dipimpin AHY menyebut ini sebagai KLB Illegal. Tidak memiliki legal standing. Damrizal dkk menyebut ini KLB sebagai solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh Partai Demokrat.

Kisruh PD ini sebenarnya sudah berlangsung lama. Saling menuding. Yang terakhir tudingan terhadap Moeldoko dan Jokowi disampaikan dalam jumpa pers 1 Pebruari 2021 oleh AHY dalam jumpa pers. Lalu dia melayangkan surat ke Presiden Jokowi untuk meminta klarifikasi, apakah benar Pak Lurah mendukung pengambil alihan jabatan Ketum PD dari AHY.

Terakhir SBY sebagai Ketua Majelis Tinggi turun gunung. Membuat penjelasan dan menuding Moeldoko, tetapi menyatakan Presiden Jokowi tidak terlibat. Menembak Moeldoko, mengurangi resistensi dengan menyebut Jokowi tidak terlibat.

Lalu, kenapa KLB ini seakan tak berhenti? Dan bahkan berjalan lancar dan akan dilakukan hari ini di Sibolangit Deli Serdang Sumatera Utara? Apakah KLB yang pro kontra ini akan kisruh dan bahkan akan menjadi rusuh? Teringat dulu Kongres PDI di Medan yang didukung pemerintah diseruduk oleh pendukung Megawati.

Apakah KLB Damrizal dkk ini akan diseruduk Pengurus Partai Demokrat se Sumut yang sudah berkumpul di Medan? Ditambah lagi beberapa pengurus DPP PD yang hadir di Medan? Ketemu pula sama Marzuki Ali di Bandara Kuala Namu. Jansen Sitindaon langsung mendatangi Marzuki Ali. Marzuki Ali mengaku sebagai undangan KLB di Sibolangit.

Tertangkap basah, kata pengurus DPP PD kepada Marzuki Ali. Apakah masih ada urusan DPP PD ke Marzuki Ali yang mereka pecat bersama enam orang yang lain? Apakah sah KLB ini jika tidak dihadiri DPP PD? Tentu ini menjadi perdebatan berdasarkan AD/ART PD.

Sepertinya penyelenggaraan KLB ini akan menyuguhkan pertandingan dan pertarungan serta adu kekuatan penyelenggara KLB dengan DPP PD yang dipimpin AHY. 

Kenapa AHY tidak turun langsung memimpin perlawanan kepada penyelenggara KLB di lokasi? Apakah mengirim pion dulu, kalau nanti pion korban, baru menurunkan gajah dan kuda seperti permainan catur? 

Bagaimana kalau sampai KLB ini sukses dan diakui pemerintah pula? Bagaimana kalkulasi AHY dan SBY dengan penyelenggaraan KLB ini?

Tanggal 7 nanti sudah akan ada ketua umum baru, kata Max Sopacua, salah seorang pendiri partai demokrat yang ikut dipecat. Sepertinya tujuh kader senior demokrat yang dipecat bekerja keras untuk mewujudkan KLB ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x