Mohon tunggu...
Aldentua S Ringo
Aldentua S Ringo Mohon Tunggu... Pembelajar Kehidupan

Penggiat baca tulis dan sosial. Penulis buku Pencerahan Tanpa Kegerahan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Sang Ahli Merawat Pohon Kayu Putih (Mbah Rustam)

2 Juli 2020   05:30 Diperbarui: 2 Juli 2020   05:36 51 6 1 Mohon Tunggu...

Semangat Pagi Indonesia.

Sang Ahli Merawat Pohon Kayu Putih (Mbah Rustam).

Sang Kakek dan Sang Cucu sedang berjalan kaki di pagi hari sambil bercerita. Sang Cucu yang akan bercerita pagi ini dan memilih cerita tentang seorang kakek yang ahli merawat pohon kayu putih.
   "Ada seorang kakek ahli merawat pohon kayu putih kek. Namanya Mbah Rustam. Dia tinggal disebuah kawasan hutan negara yang dikelola Perum Perhutani Petak Tujuh KPH Jurug di Grobongan Jawa Tengah," kata Sang Cucu memulai ceritanya.

   "Apa keahlian yang dimilikinya untuk  merawat pohon kayu putih?" tanya Sang Kakek.

   "Dia memiliki rahasia merawat pohon kayu putih dari serangan rayap. Perum Perhutani kewalahan melawan rayap. Bibit generatif yang ditanam Perhutani  mudah digerogoti rayap. Dari lima ribu pohon yang ditanam per hektar, hanya dua ribu yang bisa hidup. Sementara yang ditanami Mbah Rustam tidak ada yang digerogoti rayap. Dia menanam 500 pohon,  tidak ada yang dimakan rayap. Perum Perhutani menggandengnya menjadi mitra penjaga hutan dengan upah lima puluh ribu per hari," kata Sang Cucu.

   "Rahasianya sudah dibagikan ke Perum Perhutani?" Tanya Sang Kakek.

   "Dia tidak mau membagi rahasianya. Hanya dia yang tahu. Itu mungkin posisi tawarnya supaya bisa tetap tinggal di hutan negara tersebut dan bisa merawat hutan kayu putih," kata Sang Cucu.

   "Dia lulusan dari universitas mana?" tanya Sang Kakek.

   "Dia tidak pernah sekolah kek. Bahkan sampai sekarang dia masih buta huruf. Dia lahir tahun 1955. Tapi dia memiliki rahasia merawat pohon kayu putih bebas dari rayap," kata Sang Cucu.

   "Wow, itu luar biasa. Padahal banyak ahli yang berpendidikan master dan doktor ahli rayap belum tentu bisa seefektif dia memberantas rayap," timpal Sang Kakek.

   "Dia katanya sudah pernah disidang dan dipaksa Perhutani untuk membuka rahasia ilmu merawat pohon kayu putih tersebut, namun dia tetap bersikukuh tidak akan memberikannya. Dia takut, kalau rahasia dibeberkannya, maka dia akan diusir dari hutan negara tersebut," kata Sang Cucu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x