Media

Pentingnya Media Pembelajaran Geografi bagi Pemahaman Siswa

9 Mei 2018   01:42 Diperbarui: 19 Mei 2018   22:23 512 0 0
Pentingnya Media Pembelajaran Geografi bagi Pemahaman Siswa
kantorksopkelas2kendari.blogspot.com

Berbicara mengenai media pembelajaran, bukan hal yang baru untuk dibahas bagi seorang guru maupun calon guru dan ini merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang penting disiapkan bagi seorang guru.

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang mempermudah seoarang guru dalam menyampaikan informasi mengenai pembelajaran untuk siswanya. Dengan adanya media ini, pembelajaran yang dilaksanakan dapat terlaksana secara efisen yang berarti melaksanakan sesuatu yang benar (doing the right thing) dan efektif berarti melakukan sesuatu dengan benar (doing the things right).

Berbicara mengenai pembelajaran geografi memang baiknya seorang siswa tidak hanya diberikan berupa materi-materi ceramah ataupun sekedar menghafal saja,  hal ini sangat menjenuhkan bagi siswa, karena pelajaran geografi merupakan pembelajaran yang sangat menarik untuk dipahami ketika siswa mulai memahami maka terbangunlah rasa ingin tahunya, keinginan mengobservasi lingkungan alam sekitarnya dan pastinya tumbuh rasa kecintaanya menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya.

Contohnya saja ketika seorang guru dihadapkan mengajar materi mengenai terjadinya gejala vulkanisme kepada siswa dimana di daerah tersebut tidak ada fenomena gunung berapi, dan mereka juga belum secara langsung melihat nyata peristiwa vulkanisme ketika gunung berapi meletus, maka tugas seorang guru menjelaskan asal muasal kejadian tersebut seperti tentang intrusi magma, erupsi magma.

www.wonderslist.com
www.wonderslist.com
poetrafic.wordpress.com
poetrafic.wordpress.com
Guru dapat banyak bercerita kepada siswanya karena banyak membaca buku, ketika guru tersebut pandai dalam bercerita, tentu cerita tersebut sangat menarik bagi siswannya, namun tidak semua guru mempunyai kemampuan bercerita yang baik, sekedar bercerita pun akan menghabiskan waktu yang lama. Pemahaman siswa pun tidak sama sehingga siswa dapat mengartikan yang berbeda-beda apa yang gurunya sedang ceritakan.

clipart-library.com
clipart-library.com
Guru bisa mengajak siswanya ke objek wisata gunung seperti Bromo, Semeru, namun hal ini sangat memerlukan biaya yang sangat mahal dan beberapa waktu yang lama, boleh saja siswa se-sekali di ajak ke objek wisata karena hal itu sangat baik bagi siswa, mereka bisa melihat langsung objek pelajarannya secara langsung dan meninggalkan kesan yang menyenangkan.

www.thecaribbeancurrent.com
www.thecaribbeancurrent.com
Cara yang pastinya dinanti-nanti  siswa yakni seorang guru dapat menjelaskan dengan menggunakan media pembelajaran, seperti gambar, lukisan, foto, slide animasi tiga dimensi, video, power point,  mengenai tentang gejala-gejala vulkanisme  tersebut, cara ini sangat membantu seorang guru geografi, sehingga dapat menghemat kata-kata, waktu, sehingga penjelasan seorang guru bila diiring dengan media pembelajaran tersebut membuat siswa tertarik dan bangkit motivasinya dalam belajar, sehingga informasi yang diberikan sesuai dengan alur kejadiannya.

www.amazon.com
www.amazon.com
www.irishtimes.com
www.irishtimes.com
www.golfsandpointelks.com
www.golfsandpointelks.com
Media pembelajaran geogarafi tidak jauh dari apa-apa yang telah disampaikan diatas, dan sekarang bagaimana Anda calon guru geografi kreatif dalam membuat media pembelajaran dikelas nanti untuk siswa Anda, agar siswa selalu antusias mengikuti pelajaran Anda dan pastinya pengalaman belajar yang Anda berikan dapat diterapkan di kehidupan nyata.

Sumber rujukan bacaan:

Sukma Perdana Prasetya.2015.Media Pembelajaran Geografi.Yogyakarta:Ombak

www.rmolsumsel.com
www.rmolsumsel.com