Mohon tunggu...
Albar Rahman
Albar Rahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis, peneliti dan Mahasiswa Program Magister Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia

Sehari-hari menghabiskan waktu dengan buku-buku ditemani kopi seduhan sendiri. Menikmati akhir pekan dengan liga inggris, mengamati cineas dengan filem yang dikaryakan. Hal lainnya mencintai dunia sastra, filsafat dan beragam topik menarik dari politik hingga ekonomi.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Abrakadabra: Mantra dan Sehatnya Mental

3 Februari 2023   08:00 Diperbarui: 3 Februari 2023   07:59 147
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.sydney.edu.au/news-opinion/news/2017/09/29/mental-health-5-ways-to-learn-more.html

Tulisan kali ini akan membawa pembaca sejauh mungkin. Jangan jadikan acuan dan penulisnya sebagai guru. Anggap saja sebagai kawan diskusi di warung kopi. Mari kita urai satu persoalan tentang mantra yang dikawinkan dengan sehatnya mental

Kok bisa? Bagaiaman mungkin mantra bisa menjadi obat bagi kesehatan mental? Boleh, bagi kawan-kawan yang ingin menyerang dan menganggap ini tidak sesuai dari aspek psikologi hingga norma agama sangat bisa berkomentar di ruang komentar. Sebebas mungkin!

Mari kita mulai uraian  sederhananya. Terpikirkan oleh saya bahwa kata abradakadabra perlu dikulik dan berani untuk menuliskannya walau konsekuensinya akan bias dan liar secara penalaran. 

Secara sederhana mantra ini diidentifikasi mistis dan lekat dengan novel fenomen Harry Poter ditulis oleh JK Rowling. Sebuah mantra fenomenal terkait mistis bahkan sebuah pembunuhan treagis dalam kisahnya. 

Definisi mantra ini banyak tentunya, ada yang menaruh spekulasi sebuah penyembahan pada setan dan lain sebagainya. Saya tidak meninjuanya silah telusuri sendiri. 

Dalam sebuah artikel yang mengutip Ensiklopedia Masonik disederhanakan bahwa abrakadabra hanyalah sebuah lelucon dimasa Yunani kuno. Berakar dari bahasa Abrani. 

Namun saya justru ingin mengurai pada dari mantra lelucon ini menjadi sesuatu yang menyehatkan. Kita memulainya dari definisi sederhana ini.

Dari sini justru saya melihatnya dari segi yang berbeda, bahwa bisa saja mantra itu menyehatkan mental termasuk abrakadabra. Penyebutannya unik dan pengulangan huruf vokalnya memberi kesan tersendiri. 

Kesan paling kuat adalah pengulangan huruf vokal paling banyak yaitu "A" beriring dengan konsonan bergetar "R" diapit oleh bunyi yang mengeratkan seperti huruf "B" dan "K". 

Coba perhatikan sekali lagi ABRAKADABRA. Secara bunyi ini nyaman terdengar akrab lagi erat.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun