Mohon tunggu...
Albar Rahman
Albar Rahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis, peneliti dan Mahasiswa Program Magister Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia

Sehari-hari menghabiskan waktu dengan buku-buku ditemani kopi seduhan sendiri. Menikmati akhir pekan dengan liga inggris, mengamati cineas dengan filem yang dikaryakan. Hal lainnya mencintai dunia sastra, filsafat dan beragam topik menarik dari politik hingga ekonomi.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Ronaldo dan Bertabur Bintang, Ghana Harus Menelan Kekalahan Pahit

25 November 2022   01:57 Diperbarui: 25 November 2022   02:05 98 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.

Piala dunia di fase group pembuka ini selalu saja menarik untuk terus diamati. Kala Argentina dan Jerman menelan pahit. Insan bolamania menanti bagaimana dengan Portugal. Mengahadapi Gana bukanlah hal mudah bagi Portugal. 

Fernandos Santos harus memutar otak. Tantangan pelatih ketika tim memiliki taburan bintang sejatinya anugrah sekaligus petaka. Ego dan emosi pemain harus dikondisikan sedemikian rupa.

Syahdan, babak pertama permainan Portugal patah tanpa satu goal pun. Padahal sudah diisi oleh pemain bintang dari bek, gelandang tengah hingga penyerang. Sebut saja di lini depan ada Ronaldo didampingi J. Felix, tengah ada B. Fernandes dan D. Silva dipopang oleh J. Concelo dan Ruben Neves. Pierera juga Ruben Diaz jadi benteng kuat. Total semua lini diisi bintang. 

Babak kedua harus dilangsungkan jual beli sering dan banyaknya kartu kuni pada babak pertama, tidak menyurutkan Gana dan Portugal untuk menaikan intensitas pertandingan. Jual beli serangan ditampilakan kedua negara pada laga piala dunia yang kian panas. 

Menit 65 Lewat umpan apik dari kiri tengah lapanga oleh Concelo diudara disambut backhil oleh J. Felix menuju umpan manis pada Ronaldo ditambarak dan menghasilakn Pinalty. Ronaldo mencetak goal pembuka. Selang lima menit pemain tengah Ghana Andre Ayew mencetak goal melalui umpan dari sayap kiri. Kedudukan 1-1. 

Aksi memukau J. Felix lagi-lagi beraksi umpan manis Silva dikonversi menjadi goal dengan tenang tepat menit 78. Disusul Goal ke 3 Leao pemain pengganti ini juga dapat umpan manis dari B. Fernandes. 

Goal tercipat dan Skor 3-1 Portugal unggul. Penyerang Ghana juga semakin sangar karena tertinggal. Bukari mencetak goal di menit 89. Hingga pertandingan berankhir skor jadi 3-2. Portugal membawa 3 poin dan memimpin klasmen di group H. 

Ronaldo yang belakangan telah mengeluarkan pernyataan kontreversi dalam sebuah wawanca. Secara psikologis justru lebih terlihat enjoy bermainnya di lapangan hijau. Kehilangan banyak fans seolah meringankan beban, ia seolah menjadi pemain setara dengan taburan bintang pada squad Portugal. 

Hasil akhir ini membuat Ghana menelan pahit. Aksi pemain bintang di Portugal dari lini belakang hingga depan tidak terbentuk. Babak pertama para bintang kehabisan ide bermain memang namun babak kedua mereka justru bermain sangar dan mengguli serangan serta skor akhir pertandingan. 

Ronaldo dan para bintang lainnya boleh senyum sumringah. Tentu bagi F. Santos sang pelatih paling senior untuk Portugal tidak terlalu senyum lebar, bagi pertandingan selanjutnya melawan Korsel dan Urugauy bukanlah lawan seambarang. Bisa jadi lebih sangar dari Ghana. P. Santos secara bahasa tubuh berusaha tenang tanpa banyak selebrasi dan memikirkan pertandingan selanjutnya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan