Mohon tunggu...
Albar Rahman
Albar Rahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis, peneliti dan Mahasiswa Program Magister Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia

Sehari-hari menghabiskan waktu dengan buku-buku ditemani kopi seduhan sendiri. Menikmati akhir pekan dengan liga inggris, mengamati cineas dengan filem yang dikaryakan. Hal lainnya mencintai dunia sastra, filsafat dan beragam topik menarik dari politik hingga ekonomi.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Menulis: Peluang dan Harapan

18 November 2022   21:50 Diperbarui: 18 November 2022   22:26 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Poster live on IG bareng @G45SPACE

Pada acara ringan ngobrol santai sore bareng @G45SPACE di live IG tepat 18 November 2022. Kami sepakat berdiskusi ringan tentang dunia kepenulisan. Suka duka hingga peluang dan tantangan yang ada di dalamnya.  

Menulis bisa disebut pekerjaan kreatif terkadang sekedar hobi. Juga bisa disebut kerja profesional. 

Dipandu oleh host ceria kali ini. Lontaran pertanyaan kiat-kiat menulispun diberikan ke saya selaku pembicara. 

Diskusi singkat dan ringan ini berlangsung hangat. Datang juga pertanyaan dari audiens di room chat Live IG, tentang pengamatan model kepenulisan hingga tips dan trik cari insipirasi hingga pertanyaan  membaca literatur.

Mari kita urai sesingkat mungkin. Semoga esensi dan pesannya tersampaikan. 

Diawal saya sampaikan menulis ya bukan hanya sekedar nulis. Pada artikel lalu tulisan saya tentang dunia kepenulisan. Tegas tersampaikan bahwa menulis itu kuncinya story. Cristopher Grant menyebutnya story is king. Ini tips jitu pertama saya utarakan. 

Saya jelaskan betapa pentingnya menjadi pencerita yang baik untuk menulis. Menangkap momen dan mengamati berbagai bacaan dari berbagai sudut. Ini adalah modal dalam meramu sebuah tulisan. 

Trik mudah lainnya. Menulis mudah tapi dalam tanda petik. Ketika host mengutarakan penting teknik penulisan atau tuangkan ide segera. Tegas saya pentingkan untuk langsung menuangkan ide.

Bagi saya teknik menulis akan terbentuk dengan sendirinya apabila konsisten dalam menulis. Kunci menulis selanjutnya adalah konsistensi. 

Perbincangan sore itu semakin hangat. Untuk pertanyaan tentang pengamatan model kepenulisan. Orientasi mengamati model tulisan tujuannya demi upgradenya kualitas tulisan kita. Pertanyaan terkait ini menarik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun