Mohon tunggu...
Albar Rahman
Albar Rahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis, peneliti dan Mahasiswa Program Magister Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia

Sehari-hari menghabiskan waktu dengan buku-buku ditemani kopi seduhan sendiri. Menikmati akhir pekan dengan liga inggris, mengamati cineas dengan filem yang dikaryakan. Hal lainnya mencintai dunia sastra, filsafat dan beragam topik menarik dari politik hingga ekonomi.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Respectful, Aksi Syauqi Saud Lubis Memukau Timnas Futsal Jepang dan Dunia

4 Oktober 2022   21:03 Diperbarui: 4 Oktober 2022   21:10 1013 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penggemar bola futsal tanah air tidak akan asing dengan nama satu ini. Ia punggawa timnas dengan bakat emas. 

Begitu populer namanya dengan kecepatan bermain membangun serangan untuk Timnas dalam banyak laga dan sempat membawa Indonesia juara secara dramatis saat final melawan Thailand dalam kejuaran Asean di tahun ini 2022 bersama punggawa kerena lainnya. Ada Evan, Runtuh Boy, Dewa Rizky, Xavier dan lainnya. 

Singkatnya, Timnas melaju ke piala Asia yang diselenggarakan di Kuwait, yang kini sedang berlangsung. Pada 4 oktober 2022 berlangsung pertandingan Indonesia melawan Jepang di babak 8 besar. 

Pada babak pertama hasil pertandingan imbang. Indonesia-Jepang saling bertahan dengan segala taktik. Muhamad Hasyim Zadeh selaku pelatih Timnas berhasil membuat Jepang "ketar-ketir".  

Tanpa beberapa bintang seperti Evan, Runtuh Boy dan Xavier Timnas belum menemukan moment untuk mencetak goal sebanyak biasanya. Ini sebuah tantangan tersendiri bagi pelatih yang harus memutar otak untuk taktik terbaik yang bisa ditampilkan. 

Babak keduapun berlangsung tepat pada menit 21 Samuel Eko akhirnya mencetak goal lalu jepang membalas dua goal berturut-turut. Syahdan ada satu moment untuk membalas lewat serangan balik Syauqi tapi salah satu pemain Jepang terkapar di hadapannya yang harusnya goal dari kakinya ia memilih membuang bola atau fair play demi sportifitas dalam olahraga


Melihat aksi ini jika pembaca ada sebagian menonton secara langsung. Pemain Jepang bisa saja melakukan aksi sengaja dan terlihat kontroversial tindakan mereka. 

Apapun spekulasi yang ada, bagi saya Syauqi berhasil membuat timnas Jepang terpukau. Ia pun dipeluk dengan penuh respectfull oleh punggawa Timnas JepangSungguh aksinya sangat memukan dan harus diberi penghormatan tinggi. 

Hasil akhir memang belum memuaskan pecinta futsal tanah air. Hasilnya 3-2 dengan keunggulan Jepang. 

Namun Syauqi telah mempertontonkan apa yang harus ada dalam olahraga sebuah sportifitas dan aksi kemanusiaan yang luar biasa. Apapun hasilnya ini harus dijunjung tinggi. Bagi saya ini lebih bernilai dari sebuah kemenangan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan